Karomah Mbah Ud, Ulama dari Pagerwojo Sidoarjo

loading...
Karomah Mbah Ud, Ulama dari Pagerwojo Sidoarjo
KH. Ali Masud.Foto/ist
SIDOARJO - KH. Ali Mas'ud atau lebih dikenal dengan panggilan Mbah Ud, merupakan salah satu ulama yang diberi pangkat kewalian. Hingga sekarang, kisah hidup ulama yang wafat pada 1979 ini masih diperbincangkan masyarakat.

Kuburannya di Pagerwojo, Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur, masih ramai dikunjungi orang dari berbagai penjuru Jawa Timur. Terutama malam Jumat Legi, kuburan yang berada di areal Makam Islam Pagerwojo, sangat ramai para peziarah.

Banyak riwayat cerita yang berkembang di masyarakat yang mengetahui siapa sebenarnya Mbah Ud. Ulama yang dikenal memiliki karomah. Mbah Ud punya kebiasaan yang tidak biasa. Tak pernah betah di rumah, keliling dari rumah ke rumah. Konon ceritanya, jika ada rumah yang didatangi Mbah Ud, oleh warga dijadikan penanda atau peringatan bagi pemilik rumah.

Sepanjang hidupnya, Mbah Ud dikenal sangat ringan tangan. Menjadi rujukan para kiai di Jawa Timur untuk memecahkan problematika umat Islam. Mbah Ud ikut berkiprah menyebarkan Islam dengan berdakwah kepada tamu-tamu yang datang ke rumahnya.



(Baca juga:Keajaiban Kayangan Api, Tempat Semedi Pembuat Keris Majapahit)

Dia memang tak membangun pesantren, tapi muridnya tersebar di penjuru Jawa dan luar Jawa. Menurut Hidayatullah, salah satu cucu keponakan Mbah Ud, kakeknya memang tidak mau langsung membuka pesantren.

Karomah Mbah Ud, Ulama dari Pagerwojo Sidoarjo




”Kalau menyiarkan agama Islam secara langsung tidak, tapi beliau memberi wejangan kepada siapa pun tamunya yang datang. Beliau juga menjadi rujukan kiai yang ada di Jawa Timur untuk memecahkan masalah terkait agama Islam,” jelasnya mengutip Laduni.id.
halaman ke-1 dari 2
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top