Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, dari Masa Kejayaan hingga Keruntuhan

Sabtu, 22 Juni 2024 - 18:37 WIB
loading...
Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, dari Masa Kejayaan hingga Keruntuhan
Peninggalan Kerajaan Mataram Kuno berupa Situs Sri Gading di era Mpu Sendik di Dusun Manggis, Sri Gading, Lawang, Malang, Jawa Timur. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
SEJARAH Kerajaan Mataram Kuno dari mulai berdiri hingga masa keruntuhannya ini cukup panjang. Kerajaan di nusantara yang juga disebut dengan Kerajaan Medang ini adalah salah satu kerajaan Hindu-Buddha yang didirikan di Pulau Jawa.

Pada awalnya Kerajaan Maratam Kuno didirikan di Jawa Tengah pada abad ke-8. Namun pada abad ke-10, kerajaan ini pindah ke Jawa Timur.



Kerajaan ini mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-9 dan ke-10, dan meninggalkan banyak peninggalan sejarah yang masih dapat dilihat hingga saat ini.

Sejarah Kerajaan Mataram Kuno


Kerajaan Mataram Kuno memiliki dua periode berdasarkan lokasi atau ibu kota pemerintahannya. Pertama adalah periode awal Kerajaan Medang yaitu di Jawa Tengah di bawah Wangsa Sanjaya dan Syailendra (732-929 M), serta yang kedua ketika pindah ke Jawa Timur dan dikuasai oleh Wangsa Isyana (929-1016 M).

Pada 929 M, Kerajaan Mataram Kuno dipindahkan ke Jawa Timur oleh Mpu Sindok. Menurut George Coedes dalam The Indianized states of Southeast Asia (1968), ada beberapa faktor kemungkinan yang mendorong perpindahan tersebut.

Pertama adalah faktor politik, yakni sering terjadinya perebutan kekuasaan yang berimbas terhadap terancamnya kesatuan wilayah kerajaan ini.



Kedua adalah faktor bencana alam, yaitu peristiwa meletusnya Gunung Merapi. Faktor ketiga adalah adanya potensi ancaman dari kerajaan lain, termasuk serangan dari Kerajaan Sriwijaya.

Sedangkan faktor keempat adalah motif keagamaan dan ekonomi, termasuk ketiadaan pelabuhan yang membuat Kerajaan Mataram Kuno sulit menjalin kerja sama dengan kerajaan lain.

Kemudian, lokasi ibu kota kerajaan ini sempat berpindah-pindah, antara lain ke Mamrati pada masa Rakai Pikatan, pada era Dyah Balitung (Rakai Watukura) dipindahkan ke Poh Pitu, dan sempat kembali lagi ke Bhumi Mataram pada masa Dyah Wawa (Rakai Sumba). Mamrati dan Poh Pitu diperkirakan berada di antara wilayah Yogyakarta hingga Jawa Tengah bagian selatan (Magelang atau Kedu).

Masa Kejayaan Mataram Kuno


Abad ke-8 menjadi saksi bisu kejayaan Mataram Kuno. Kerajaan Hindu-Buddha ini menjalin hubungan erat dengan Kerajaan Sriwijaya di Sumatra, membuka jalan bagi pertukaran budaya dan ekonomi yang memperkuat kedua kerajaan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)
pixels