Pengalaman Pengubur Jenazah Corona di Tasikmalaya

Kamis, 30 April 2020 - 20:43 WIB
loading...
Pengalaman Pengubur Jenazah Corona di Tasikmalaya
Petugas pemakaman BPBD Kota Tasikmalaya menguburkan jenazah terpapar Corona di TPU Aisha Rashida Cioray, Kelurahan Tamanjaya, Tamansari. Foto: SINDOnews/Jani Noor
A A A
TASIKMALAYA - Kamis (29/4/2020) siang, tiba-tiba saja telepon seluler Sanjaya berdering. Tak kenal siang atau malam, pagi atau dini hari, telepon itu pertanda bahwa dia harus segera memanggil lima rekannya di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Aisha Rashida Cioray.

Sanjaya menyiapkan kebutuhan standar protokol kesehatan. Lelaki 45 tahun itu bergegas mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) juga sepatu, penutup tangan serta masker penutup muka transparan. Tak lupa, cangkul, bambu, dan ikat tambang dibawanya.

"Innalillahi, meninggal lagi," gumam Sanjaya begitu melihat mobil ambulans yag diikuti enam personel Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) di TPU Aisha Rashida Cioray.

Pengalaman Pengubur Jenazah Corona di Tasikmalaya

Seluruh APD yang dikenakan berikut alat pemakaman langsung dibakar. Foto: SINDOnews/Jani Noor

Siang itu satu lagi orang yang diduga positif Corona dikuburkan. Statusnya pasien dalam pengawasan (PDP) yang memiliki gejala klinis COVID-19. Perempuan berusia 50 tahunan asal Cilacap yang berdomisili di Kawalu, Tasikmalaya itu meninggal setelah tiga hari dirawat di RSUD Kota Tasikmalaya.

Yaya, begitu Sanjaya biasa disapa, langsung menggotong peti mati yang diikat bambu. Dengan perlahan peti masuk ke dalam liang lahat, kemudian disemprot cairan disinfektan. Keringat tampak bercucuran dari tubuh Yaya, meski hari itu dia merasa pekerjaannya lebih enteng karena dilakukan siang hari.

"Yang berat malam hari, ditambah hujan. Di sini tanah merah berlumpur. Membawa peti juga harus hati-hati," kata Yaya ketika sesuai pemakaman.

Bersama empat rekannya, Yaya lalu melepas seluruh APD yang dikenakan. APD tersebut dikumpulkan menjadi satu dengan seluruh alat untuk pemakaman, lalu dibakar. "Ya gak tahu kenapa harus dibakar. Perintahnya begitu," ujar Yaya.

Yaya mengaku tak tahu apa itu Corona. Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, memberitahunya bahwa itu semacam virus membahayakan.

“Penyakit seperti apa saya kurang tahu. Tahunya sudah ada di peti mati lalu saya kuburkan," tuturnya tanpa terlihat muka khawatir dii wajahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6689 seconds (0.1#10.140)