Cinta Inggit Garnasih Antarkan Indonesia ke Gerbang Kemerdekaan

Minggu, 09 Agustus 2020 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Pertemuan Terakhir dengan Bung Karno
Atas jasa-jasanya mendampingi Sang Proklamator, Inggit mendapatkan anugerah tanda kehormatan dari pemerintah. Tanda kehormatan pertama yang diberikan pemerintah kepada Inggit Garnasih berupa Satyalencana Perintis Kemerdekaan pada 1961.

Inggit Garnasih bertemu dengan mantan suami yang sangat dicintainya tersebut di Istana Negara. Inilah pertemuan terakhir dengan Bung Karno saat Inggit Garnasih menerima tanda kehormatan itu.

Kemudian pada 11 Agustus 1997, setelah Inggit Garnasih wafat, pemerintah menganugerahkan Tanda Kehormatan “Bintang Mahaputera Utama” berdasarkan keputusan Presiden RI No. 073/TK/1997. Tanda kehormatan ini diserahkan pada 10 November 1997 di Istana Negara dan diterima ahli warisnya, Ratna Juami, anak angkat pasangan Inggit Garnasih dan Soekarno.

Pada 14 Februari 2015, gelar kehormatan “Ibu Agung” dianugerahkan oleh 8 komunitas di Jawa Barat pada rangkaian kegiatan Bulan Cinta Ibu Bangsa Inggit Garnasih. Gelar kehormatan ini diterima oleh Tito Zeni Asmara Hadi, putra almarhumah Ratna Juami.

Nama Inggit Garnasih telah beberapa kali diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Namun sampai saat ini, usulan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Inggit Garnasih tak kunjung dikabulkan pemerintah.
(awd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0616 seconds (0.1#10.140)