Kisah Pidato Bung Tomo Menggelegar Bakar Semangat Arek-arek Malang di Stadion Gajayana

Kamis, 16 November 2023 - 10:00 WIB
loading...
Kisah Pidato Bung Tomo Menggelegar Bakar Semangat Arek-arek Malang di Stadion Gajayana
Potret Digital Bung Tomo karya kreator konten Pasko Boyoh. Foto/Istimewa
A A A
MALANG - Pahlawan pertempuran 10 November 1945 Bung Tomo konon pernah memberikan pidato semangat ke para pejuang Arek Malang di Stadion Gajayana. Momen itu dilakukan Bung Tomo saat mengunjungi Malang.

Bung Tomo berdiri di hadapan ribuan orang arek-arek Malang untuk berorasi membakar semangat juang di Stadion Gajayana. Suara Bung Tomo menggelegar membangkitkan semangat untuk mengusir penjajah.

Pegiat Sejarah Museum Reenactor Ngalam Eko Irawan menyatakan, Bung Tomo beberapa kali pernah berpidato di hadapan arek-arek Malang usai kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.



Apalagi sosok Bung Tomo kala itu juga dekat dengan perempuan asal Malang Sulistina, yang membuat beberapa kali kunjungannya ke Malang dimanfaatkan Bung Tomo memompa semangat perjuangan arek-arek Malang melalui orasi-orasinya.

”Pada masa revolusi digunakan Bung Tomo kerap memompa semangat memberikan pidato di Stadion Gajayana ini. Beliau memompa semangat perjuangan para pejuang. Makanya kenapa Bung Tomo itu kan ada rumah di Malang, di Jalan Ijen. Jadi beliau sering jalan dari rumahnya ke Stadion Gajayana untuk memimpin pasukan perjuangan,” ucap Eko Irawan.

Bahkan konon stadion yang kini berada di Jalan Semeru Malang itu menjadi markas militer para pejuang di kota untuk mempertahankan kemerdekaan.



Perjuangan arek-arek Malang pun akhirnya membuahkan hasil, sehingga Belanda dan sekutunya mengakui kedaulatan Indonesia.

”Di Stadion Gajayana ini pula para tentara Belanda dan sekutu yang dikomandoi oleh Komandan KNIL Jawa Timur Jenderal Mayor JA Scheffelaar di 6 April 1950, menyerahkan kekuasaannya ke Kolonel Sungkono selaku Gubernur Militer Jawa Timur,"”ungkap dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)