Di Tengah Pandemi, Serma Iska Tak Pernah Lelah Membangun Jalan Desa

Jum'at, 31 Juli 2020 - 08:05 WIB
loading...
A A A
Dalam tahun ini, sasaran fisik TMMD reguler ke-108 Kodim Banyumas di Desa Petahunan cukup bervariatif, yakni pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.838 meter dengan lebar 3,75 meter dan tinggi 20 centimeter.

Selain itu juga dibangun sebuah jembatan dengan panjang 6 meter, lebar 2,30 meter dan tinggi 2 meter. Ada pula pembangunan tiga buah gorong-gorong, masing-masing untuk gorong-gorong dengan panjang 6 meter, lebar 80 cm dan tinggi 1 meter.

Menurut Dandim 0701 Banyumas, Letkol Inf. Candra, semua pelaksanaan TMMD reguler ke-108 di Desa Petahunan, telah dilakukan secara matang. Harapannya, semua sasaran fisik dan non fisik yang telah diprogramkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Petahunan.

Dengan TMMD , menurutnya kemanunggalan TNI dengan rakyat semakin nyata, termasuk semangat gotong royong warga desa sasaran yang mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Bahkan sebanyak 73 warga rela menghibahkan tanahnya untuk digunakan sebagai jalur menuju lokasi wisata Curug Nangga di desanya.

"Kegiatan TMMD ini adalah untuk dapat meningkatkan ekonomi masyarakat karena masyarakat Desa Petahunan, sebagian besar adalah petani dan penderes kelapa, sehingga nantinya jalan ini dapat berdaya guna untuk dapat membawa hasil pertaniannya," tegasnya.

Kemudian yang kedua adalah untuk dapat mengangkat obyek wisata yang bernilai nasional maupun internasional. Menurutnya, nantinya jalan ini akan sampai ke obyek wisata Curug Nangga tersebut.

"Sasaran fisik yang kita lakukan adalah pembuatan rabat beton sepanjang 1,8 kilometer, pembuatan 3 buah gorong-gorong, pembuatan jembatan, pelebaran lapangan desa dan juga nantinya adalah sebagai jembatan untuk dapat menghantar listrik sampai dengan ke titik Curug Nangga. Sementara sasaran-sasaran non fisik yang kita lakukan, terkait penanganan COVID-19, dan pemberdayaan masyarakat desa yang melibatkan seluruh instansi," ujar Candra.

Di Tengah Pandemi, Serma Iska Tak Pernah Lelah Membangun Jalan Desa


Dia juga mengapresiasi kehadiran Serma Iska dalam TMMD ini, yang bisa menjadikan semangat spirit bagi anggota TNI lainnya dan juga dapat memberikan sentuhan yang berbeda dalam komunikasi sosial dengan masyarakat Desa Petahunan.

"Ada Babinsa wanita satu-satunya di Kodam IV/Diponegoro yang ikut terlibat langsung di Desa Petahunan, yaitu Serma Iska. Dengan adanya Babinsa ini diharapkan dapat menjadi trigger bagi prajurit lainnya maupun kita sebagai warga Kodim 0701 Banyumas, yang kemudian juga dapat memberikan sentuhan yang berbeda dalam melaksanakan komunikasi sosial. Diharapkan dengan TMMD 108 Kodim 0701 Banyumas dapat berbuat yang optimal dan juga secara umum dapat bermanfaat bagi seluruh masyarakat Banyumas," jelas Candra.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)