Salat Idul Adha di Gowa Akan Dipusatkan di RTH Syekh Yusuf

Minggu, 26 Juli 2020 - 16:31 WIB
loading...
Salat Idul Adha di Gowa Akan Dipusatkan di RTH Syekh Yusuf
Rapat persiapan untuk pelaksanaan salat Idul Adha di Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa
A A A
SUNGGUMINASA - Pelaksanaan salat Idul Adha di Gowa akan dipusatkan di ruang terbuka hijau (RTH) Syekh Yusuf, pada Jumat (31/7/2020) mendatang.

Hal ini berdasarkan arahan dari Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang meminta agar pelaksanaan salat Idul Adha di seluruh wilayah Kabupaten Gowa dilaksanakan di lapangan atau ruang terbuka.



Kepala UPT Pengelola Ruang Terbuka (RTH) Hijau Syekh Yusuf dan Syekh Yusuf Discovery Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa , Marhani Usman berharap masyarakat yang ikut salat Idul Adha agar menjaga kebersihan.

Pihaknya sudah menyiapkan tempat sampah di sekitar pelakasanaan shalat Idul Adha.

"Kami membuka Ruang Terbuka Hijau ini hanya sebagai pelaksanaan tempat salat Idul Adha dengan mengedukasi masyarakat bahwa pada hari itu kita harus tetap menjaga kebersihan," ujar Marhani, Minggu (26/7/2029).

Walau pun sudah digunakan untuk salat Idul Adha, namun dirinya menyebutkan bahwa RTH ini belum bisa digunakan untuk kegiatan lainnya, seperti aktivitas olahraga dan lain-lain.

Karena itu, pihaknya akan menutup kembali sampai semua fasilitas yang ada di lapangan di Lapangan Syekh Yusuf siap dan setelah adanya peresmian.

Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis menyampaikan, pihak panitia mengatur jarak shaf jamaah serta menyiapkan tempat wudhu dan tempat cuci tangan.

"Kalau memang memungkinkan diujung-ujung shaf petugas menyediakan disinfektan atau hand sanitizer. Kemudian masing-masing yang bersangkutan setelah salat apabila dia menggunakan koran supaya dipastikan masing-masing mengangkat dan membuang korannya ditempat yang telah disediakan," jelas Muchlis.

Selain itu Muchlis juga membahas posisi parkiran dan arah kedatangan para jamaah. Titik-titik parkir diharapkan tidak mengganggu tempat penyelenggaraan salat.

Kemudian pendukung pendukung lainnya, genset dari PLN, Polres dan Kodim juga siap dengan petugasnya bersama dengan PMI untuk terlibat didalam kegiatan pengamanan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1456 seconds (0.1#10.140)