Kagumi Kemajuan Desa di Jateng, Kepala Desa dan Bupati Gowa Belajar ke Ganjar

Jum'at, 23 Juni 2023 - 07:14 WIB
loading...
Kagumi Kemajuan Desa di Jateng, Kepala Desa dan Bupati Gowa Belajar ke Ganjar
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat menerima kunjungan kepala desa dan Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Kamis (22/6/2023) malam. Foto/ist
A A A
SEMARANG - Bupati Gowa, Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni beserta jajarannya hingga kepala desa melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Provinsi Jawa Tengah untuk melakukan studi tiru pembangunan desa. Mereka memilih Jateng lantaran di bawah kepemimpinan Gubernur Ganjar Pranowo banyak mengalami kemajuan di sektor pembangunan desa.

Kedatangan rombongan Bupati Gowa yang berjumlah sebanyak sekitar 250 orang jajarannya, terdiri dari TP PKK, Camat, serta seluruh lurah dan kepala desa di Kabupaten Gowa diterima langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Pemprov Jawa Tengah, Kamis (22/6/2023) malam.

Ganjar mengatakan bahwa hubungan Jawa Tengah dengan Gowa selama ini sudah terjalin baik. Sebelumnya, ia telah melakukan kunjungan ke Gowa dan bertemu dengan para kepala desa.

Baca juga: Kompak, Ganjar dan Puan Dukung Menkes Genjot Imunisasi IPV2

"Suatu ketika saya berkunjung ke Gowa bertemu dengan kawan-kawan kades dan lurah. Dan hari ini beliau-beliau ke Jawa Tengah untuk kita saling belajar bagaimana mengembangkan desa," ujarnya.

Dikemukakannya, di provinsi yang dipimpinnya selama dua periode telah lahir banyak desa wisata. Selain itu banyak juga desa yang kreatif meningkatkan potensi desa, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan warga.

"Ada desa wisata di Gowa yang bagus sekali, di Jawa Tengah juga ada beberapa desa wisata yang tumbuh dengan bagus. Maka kerjasamanya menurut saya mesti kita tingkatkan. Ada desa yang membangun kreativitas governance, ada satu lagi desa anti korupsi yang kita bangun, ada yang punya kreativitas dengan potensi-potensinya," imbuhnya.

Dari sanalah, menurut Ganjar perlu ada kerjasama untuk saling belajar dan tukar pikiran dalam pengembangan desa lebih maju.

"Dan sekarang coba kita kembangkan antarprovinsi dan Gowa salah satu yang merespon sangat bagus. Kami akan sangat senang untuk bekerja sama. Karena pengalaman baik harus kita tularkan. Kita belajar dari Gowa dan Gowa belajar dari desa-desa di Jateng,”ungkap Ganjar.

Sementara itu Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan bahwa Provinsi Jateng telah berhasil membangun desa menjadi maju dan mandiri.

"Kami melakukan MoU tentu karena melihat desa-desa di Jateng sangat maju, dan untuk bisa mendorong desa-desa di Gowa maju kita lakukan studi tiru di Jateng," tandasnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)