Kunker ke Gowa, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman Terima Gelar Daeng Malewa

Jum'at, 13 Januari 2023 - 01:16 WIB
loading...
Kunker ke Gowa, KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurrachman Terima Gelar Daeng Malewa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi gelar adat, yaitu Daeng Malewa kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman. Foto Antara
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) memberi gelar adat, yaitu Daeng Malewa kepada Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurrachman. Gelar Daeng Malewa diberikan saat KSAD Jenderal TNI Dudung melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Gowa.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, pemberian gelar tersebut merupakan kehormatan masyarakat adat Gowa kepada Jenderal TNI Dudung Abdurrachman sebagai rumpun keluarga besar di Kabupaten Gowa.



"Hari ini kita berikan gelar nama adat Gowa kepada Bapak KSAD dengan nama Daeng Malewa. Artinya sosok penengah dan penyeimbang dalam mengawal kedaulatan NKRI yang selalu menegakkan kebenaran, selalu meneguhkan semangat para prajuritnya," ujar Adnan, Kamis (12/1/2023).

Adnan menjelaskan gelar yang diberikan kepada Jenderal TNI Dudung Abdurrachman sebagai penghormatan kepada seseorang yang dihormati. Nama adat tersebut, kata dia, juga dapat digunakan sampai dengan tidak melanggar tatanan adat dan ketentuan hukum yang berlaku dalam NKRI.

"Kehadiran KSAD ini menjadi berkah tersendiri bagi Kabupaten Gowa karena juga memberikan bantuan kepada masyarakat kita melalui wilayah kerja Kodam XIV Hasanuddin," tambahnya.

Menanggapi pemberian gelar itu, Dudung menyampaikan terima kasih. Menurutnya, gelar yang diberikan juga berlaku untuk seluruh jajaran TNI Angkatan Darat atau prajurit yang ada. Baca juga: KSAD Dudung: 2 Oknum TNI Pemilik 40.000 Butir Ekstasi dan 75 Kg Sabu Sudah Ditahan

"Saya mendapat gelar kehormatan sebagai Daeng Malewa yang artinya pemersatu, menjaga kedaulatan NKRI serta pengemban amanah dalam menjaga kedaulatan. Artinya gelar ini tidak serta merta untuk saya pribadi tapi untuk seluruh jajaran prajurit TNI AD," katanya.

Ia mengatakan seluruh prajurit TNI AD harus melakukan tugas dengan baik, dan selalu menjaga kesatuan serta mengutamakan rakyat.

"Semua prajurit harus menjadi Daeng Malewa, bahwa dimanapun bertugas dan berada harus selalu menjaga kesatuan, kedaulatan, mencintai rakyatnya dan selalu mengutamakan kepentingan-kepentingan rakyat," tambahnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1205 seconds (0.1#10.140)