Dukung Penerbangan Haji, Pertamina Patra Niaga Jamin Ketersediaan Avtur di Bandara Hang Nadim

Sabtu, 27 Mei 2023 - 19:36 WIB
loading...
A A A
"Hal ini disebabkan selain adanya penambahan kuota jemaah haji, kondisi normal pasca pandemi Covid-19 menjadi alasannya meningkatnya jumlah kloter penerbangan ibadah haji 2023," paparnya.

Jika dibandingkan dengan kondisi sebelum pandemi di tahun 2019, konsumsi avtur tahun 2023 masih lebih tinggi, atau naik 73 persen. Pada tahun 2019, mencatatkan realisasi sebesar 19.374 KL.

Penerbangan haji tahun 2023 di Bandara Hang Nadim akan berlangsung dalam dua fase, yaitu fase satu 24 Mei-22 Juni 2023, dan fase dua pada 4 Juli-2 Agustus 2023. "Bandara Hang Nadim akan melayani 32 kloter haji di masing-masing fase satu, dan fase dua dengan total 64 penerbangan haji pada tahun 2023 ini," katanya.



Pertamina Patra Niaga melalui unit operasinya di DPPU Hang Nadim, memastikan bahwa pasokan avtur untuk melayani haji dan juga penerbangan regular domestik dalam keadaan aman dan tersedia.

"Jadi selain memastikan kebutuhan avtur yang meningkat, kami menjamin pasokan untuk penerbangan lainnya baik itu internasional atau domestik tetap akan terjaga dengan baik di Bandara Hang Nadim. Kebutuhan avtur untuk Bandara Hang Nadim, kami pastikan aman untuk masa haji ini dan kami siap mendukung penyediaan energi ini," ungkap Freddy.

Sementara itu, Manager Corporate Operation and Services (COS) Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Riki Madyanto mengungkapkan, telah melaksanakan berbagai persiapan dalam menyambut musim haji tahun 2023 ini. Koordinasi bersama pemangku kebijakan, hingga penguatan persediaan avtur di DPPU telah dilaksanakan dengan baik. "Hal ini dilaksanakan guna mendukung kesuksesan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023," katanya.



Khusus Bandar Udara Hang Nadim, konsumsi avtur diperkirakan dapat mencapai kira-kira 2.610 KL. Adapun ketahanan persediaan DPPU Hang Nadim pada 26 Mei 2023 di atas angka 10 hari. Angka ini belum termasuk dengan persediaan di Fuel Terminal Batam, dan persediaan yang berada dalam kapal tanker. "Konsumsi avtur harian untuk layanan haji diperkirakan bisa mencapai 75 KL per hari, dalam masa layanan haji di Bandara Hang Nadim," jelas Riki.

Lebih lanjut Riki menjelaskan, beberapa persiapan yang DPPU Hang Nadim lakukan yaitu berkoordinasi dengan maskapai penerbangan, dan otorita bandara untuk memastikan jadwal penerbangan haji di Bandara Hang Nadim.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)