Genjot Rute Baru di Bandara Kertajati, Pemprov Jabar Tekan Biaya Avtur

Selasa, 14 Mei 2024 - 12:37 WIB
loading...
Genjot Rute Baru di Bandara Kertajati, Pemprov Jabar Tekan Biaya Avtur
Pemprov Jabar berupaya menurunkan biaya avtur di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Foto/Dok.MPI
A A A
BANDUNG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) berupaya menurunkan biaya avtur di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati , Kabupaten Majalengka.

Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin mengatakan, dalam momentum ibadah haji ini, penurunan biaya avtur di Bandara Kertajati bertujuan untuk meningkatkan jumlah rute penerbangan.

"Karena ini momentum haji, kami saat ini sedang berusaha menurunkan biaya avtur di Bandara Kertajati," ucap Bey dalam keterangannya, Selasa (14/5/2024).

Bey menjelaskan, biaya avtur dengan selisih Rp1.000 akan mendorong minat maskapai untuk membuka rute penerbangan baru di Bandara Kertajati.



"Penerbangan di Kertajati masih sedikit, dengan penurunan avtur ini, seribu rupiah saja sudah sangat membantu untuk menarik rute-rute (penerbangan) baru," ungkapnya.

Untuk menurunkan biaya avtur, pihaknya telah memikirkan untuk mengambil langsung avtur melalui jalur Balongan dalam upaya memotong rantai distribusi.

Saat ini, biaya avtur di Kertajati yakni Rp14.000, sementara di Cengkareng ada di angka Rp13.000.

"Kami memikirkan untuk mengambil langsung dari jalur Balongan yang ada di pipa-pipa itu," ujarnya.

Bey menyebut, pihak Pertamina pun menyambut baik dan akan membantu Pemprov Jabar. Tetapi, saat ini, suplai dari Balongan membutuhkan jaringan baru.

"Nanti apakah akan buat baru, kami meminta (bantuan) agar Pertamina yang buat. Respons Pertamina baik, akan membantu," tandasnya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2628 seconds (0.1#10.140)
pixels