Kisah Legenda Orang-orang Gelap Blitar, dari Bromocorah Sekelas Kusni Kasdut hingga Samanhudi Anwar

Sabtu, 28 Januari 2023 - 11:14 WIB
loading...
Kisah Legenda Orang-orang Gelap Blitar, dari Bromocorah Sekelas Kusni Kasdut hingga Samanhudi Anwar
Foto orang-orang gelap Blitar, dari Kusni Kasdut, Sawito, hingga Samanhudi Anwar. Foto/ist.
A A A
Gerakan senyap anggota Subdit Jatanras, Ditreskrimum Polda Jatim, menangkap mantan Wali Kota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar, menggemparkan warga Kota Blitar. Tak main-main, Samanhudi Anwar diduga terlibat perampokan rumah dinas Wali Kota Blitar.



Samanhudi Anwar yang ditangkap di lapangan futsal di Kota Blitar, bukan satu-satunya sosok asal Blitar yang memiliki sepak terjang kontroversial, dan menghebohkan publik kota berjuluk Kota Patria tersebut, karena berada di lembah kelam orang-orang "gelap" asal Blitar.



Berdasarkan memori masyarakat Blitar, ada sejumlah sosok orang-orang "gelap" asal Blitar, pendahulu Samanhudi Anwar yang sepak terjangnya juga menggemparkan publik. Berikut di antaranya:

1. Kusni Kasdut

Nama Kusni Kasdut pernah membuat heboh publik yang hingga kini terus dikenang. Kusni tidak hanya populer di kalangan masyarakat Blitar, tapi juga secara nasional.

Nama Kusni Kasdut dikenal sebagai penjahat besar, setelah bersama timnya nekat merampok Museum Nasional Jakarta. Peristiwa itu terjadi pada tahun 1963.

Kusni dikenal bernyali sekaligus licin. Saat hendak ditangkap di Semarang, Jawa Tengah, ia melawan dan seorang polisi tewas tertembak. Sejak itu Kusni Kasdut menjadi penjahat yang paling dicari.

Aksi kejahatannya tak berhenti. Ia menculik seorang dokter di Surabaya, dan kepada keluarga dokter dimintanya uang tebusan. Ia merampok seorang miliader keturunan Arab di Jakarta, dan membuat miliader tewas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2140 seconds (0.1#10.140)