Kisah Legenda Orang-orang Gelap Blitar, dari Bromocorah Sekelas Kusni Kasdut hingga Samanhudi Anwar

Sabtu, 28 Januari 2023 - 11:14 WIB
loading...
A A A


Yang bikin heboh adalah adanya dokumen dengan pernyataan "Mundur untuk Maju Lebih Sempurna". Sawito mengarahkan dokumennya kepada Presiden Soeharto agar meletakkan jabatan.

Publik juga tersentak ketika gerakan Sawito juga menyeret nama Bung Hatta dan Buya Hamka selaku Ketua Majelis Islam Indonesia. Sawito dibela Yap Thiam Hien secara probono (gratis).

Namun Pemerintah Soeharto melalui Mensesneg Sudharmono menyatakan tegas Sawito hendak menggulingkan Presiden Soeharto dengan cara inkonstitusional. Sawito dituduh menyiapkan gerakan makar mulai 1972 hingga 1976. Pada 18 Juli 1978, Sawito dijatuhi vonis delapan tahun penjara dengan dipotong masa tahanan.

3. Samanhudi Anwar

Publik Blitar heboh. Pada Jumat (27/1/2023) mantan Wali Kota Blitar, Muh. Samanhudi Anwar ditangkap Tim Jatanras Polda Jatim. Samanhudi ditangkap atas dugaan sebagai otak perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar Santoso pada 12 Desember 2022.

Samanhudi Anwar lahir 8 Oktober 1957 di Blitar. Keluarga Samanhudi, terutama dari garis ayah berasal dari Bangkalan, Madura. Samanhudi memulai karir politik dari bawah.

Pada awal reformasi ia mengorganisir simpatisan pendukung Pro Mega dengan membentuk organ Kawulo Alit. Kelak Kawulo Alit menjadi sayap PDIP di Kota Blitar, dan berlangsung hingga kini.

Sudah menjadi rahasia umum masyarakat Blitar. Sebelum terjun ke politik, sepak terjang Samanhudi Anwar lebih banyak berada di dunia gelap. Masa lalu Samanhudi lebih banyak menggeluti dunia preman.

Awal karir politik Samanhudi dimulai dari keberhasilannya menjadi anggota DPRD Kota Blitar, dan berlanjut menjadi Ketua DPRD Kota Blitar. Pada saat itu Samanhudi menjabat sebagai Ketua DPC PDIP Kota Blitar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)