Kisah Legenda Orang-orang Gelap Blitar, dari Bromocorah Sekelas Kusni Kasdut hingga Samanhudi Anwar

Sabtu, 28 Januari 2023 - 11:14 WIB
loading...
A A A
Kusni Kasdut tertangkap berulangkali. Namun berkali-kali pula berhasil kabur dari penjara yang membelenggunya. Penjara Semarang, Kalisosok Surabaya, dan Cipinang Jakarta, dengan mudah diterobosnya.



Kepada polisi yang menangkapnya Kusni Kasdut selalu mengaku berasal dari Blitar. Ia mengatakan lahir di Desa Jatituri, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar pada akhir tahun 1929.

Dalam buku "Kusni Kasdut", Parakitri menulis, Kusni Kasdut bukan berasal dari Blitar dan Malang. Kusni lahir di Desa Bayan Patikrejo Kabupaten Tulungagung. Kendati demikian publik terlanjur lebih mempercayai Kusni Kasdut berasal dari Blitar.

Yang tidak banyak diketahui, pada peristiwa 10 November 1965 di Surabaya, Kusni Kasdut ikut berjuang di garda depan. Ia juga berjuang pada saat agresi Militer Belanda.

Petualangan Kusni Kasdut sebagai penjahat besar akhirnya berakhir. Setelah Presiden Soeharto menolak grasi yang diajukan, pada 6 Februari 1980 Kusni Kasdut menjalani eksekusi hukuman mati.

2. Sawito

Tak kalah dengan Kusni Kasdut. Sepak terjang Sawito juga menghebohkan tanah air. Sawito dituduh hendak melakukan makar kepada pemerintah Soeharto.

Sawito Kartowibowo lahir tahun 1932 di wilayah Sananwetan, Kota Blitar. Ia berlatar belakang pernah menjadi pegawai negeri sipil di departemen pertanian.

Pada 6 Oktober 1977, Sawito diadili di Pengadilan Negeri Jakarta. Uniknya, gerakan makar yang dituduhkan Sawito dimulai dari laku spiritual dengan mendatangi tempat keramat di nusantara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1566 seconds (0.1#10.140)