Riwayat Ken Arok dan Kutukan Keris Empu Gandring

Kamis, 19 Januari 2023 - 05:13 WIB
loading...
A A A
Tidak hanya itu, dia juga mengutuk masyarakat Desa Panawijen agar sumber airnya menjadi kekering, karena tidak mau memberi tahu siapa yang menculik Ken Dedes, padahal mereka mengetahui dan melihatnya.

Sementara itu, setibanya di Tumapel, Ken Dedes langsung dijadikan istri dan disetubuhi oleh Tunggul Ametung. Kesucian gadis desa itu pun sirna. Akibat persetubuhan itu, Ken Dedes hamil dan memiliki anak bernama Anusapati.

Melihat Ken Dedes kurang bergairah, Tunggul Ametung membawanya ke Boboji, tempat Ken Arok berjaga.



Saat kereta kencana yang membawa Ken Dedes tiba, tanpa disengaja saat dia turun kainnya tersingkap hingga terlihat rahasianya yang menyala. Ken Arok yang melihat itu sangat terpesona dan langsung tergila-gila.

Ditambah, melihat kecantikan Ken Dedes yang sempurna. Bunga-bunga cinta langsung memenuhi hatinya.

Sejak itu, Ken Arok tidak bisa melupakan Ken Dedes. Wajahnya selalu terbayang-bayang. Dia lalu menemui ayah angkatnya brahmana Dang Lohgawe, dan menanyakan rahasia menyala pada wanita yang dilihatnya itu.



"Perempuan yang memiliki rahasia menyala itu namanya perempuan Nawiswari.. Ia adalah perempuan yang paling utama. Berdosa jika memperistri perempuan sedemikian itu," ungkap Dang Lohgawe menasehati.

Namun, dia menambahkan siapapun yang berhasil memperistrinya, maka pria itu akan menjadi maharaja besar.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2834 seconds (0.1#10.140)