Perang Ganter, Siasat Ken Arok Hancurkan Kekuasaan Raja Kediri Kertajaya

Jum'at, 19 November 2021 - 05:26 WIB
Perang Ganter, Siasat Ken Arok Hancurkan Kekuasaan Raja Kediri Kertajaya
Perang Ganter merupakan sebuah pertempuran antara dua penguasa Jawa rival pada awal abad ke-13. Yaitu antara Ken Arok melawan melawan Raja Kertajaya dari Kediri. (Ist)
A A A
Perang Ganter merupakan sebuah pertempuran antara dua penguasa Jawa rival pada awal abad ke-13. Yaitu antara Ken Arok melawan melawan Raja Kertajaya dari Kediri.

Perang yang terjadi di daerah Ganter sekitar sekarang Malang tersebut dimenangkan oleh Ken Arok . Pertempuran tersebut mengukuhkan kekuasaan Ken Arok atas Jawa Timur, dan pendirian pemerintahan dinasti Rajasa di Singhasari.

Dari abad ke -8 hingga 12, pulau Jawa diperintah oleh sejumlah raja dan keluarga bangsawan. Di bagian timur pulau itu, negara-negara feodal yang berpusat pada pertanian (yaitu penguasa Sailendra, Kediri, Tumapel, dan Majapahit) secara berangsur-angsur memperebutkan tanah yang subur untuk menanam padi.

Pada awal abad ke-13, para pejuang ini ditantang oleh munculnya kekuatan politik baru di wilayah tersebut. Penantang ini datang dalam diri Ken Arok, seorang kepala desa yang menjadi petani yang berupaya meningkatkan kekuatan politiknya,



Ken Arok berhasil mensejajarkan desanya dengan kadipaten Tumapel yang berada di bawah kekuasaan Kerajaan Kediri. Ken Arok berhasil menjadi penasihat penting pemimpin (akuwu) Tumapel saat itu, Tunggul Ametung.

Setelah serangkaian intrik, Ken Arok berhasil mengatur aksi pembunuhan terhadap Tunggul Ametung.

Setelah menggantikan Tunggul Ametung sebagai penguasa Tumapel, Ken Arok mulai mengkonsolidasikan kekuatan militer dan politiknya untuk berperang melawan Kerajaan Kediri, saingan lama Tumapel.
Perang Ganter, Siasat Ken Arok Hancurkan Kekuasaan Raja Kediri Kertajaya


Raja Kediri, Kertajaya, juga mengerahkan pasukannya dan bersiap untuk bertemu Ken Arok dalam pertempuran. Puncaknya pertempuran terjadi pada tahun 1221 atau 1222 di tempat yang disebut Genter (juga disebut Ganter) di Kediri timur. Baca: Kisah Ken Arok Pendiri Kerajaan Singasari, Lahir Dari Hasil Hubungan Gelap.

Selama pertempuran, Ken Arok berhasil mengalahkan Kertajaya (baik dengan membunuhnya atau memaksanya untuk menyerah), menyebabkan kekalahan pasukan Kediri. Baca Juga: Gelapkan Uang Tabungan Santri, Mantan Pimpinan Ponpes di Merangin Ditahan.

Pertempuran yang terjadi di Genter menandai berakhirnya Kerajaan Kediri. Di pihak lawan, kemenangan pasukannya di Pertempuran Genter memungkinkan Ken Arok untuk membangun garis kerajaannya sendiri. Garis keturunan ini menjadi wangsa Rajasa, yang kemudian memerintah Kerajaan Singasari.

Diolah dari berbagai sumber
(nag)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1366 seconds (10.55#12.26)