Riwayat Ken Arok dan Kutukan Keris Empu Gandring

Kamis, 19 Januari 2023 - 05:13 WIB
loading...
Riwayat Ken Arok dan Kutukan Keris Empu Gandring
Ken Dedes. Foto: Istimewa
A A A
KEN Arok adalah pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Singasari. Berdiri pada tahun 1222 Masehi di daerah Singosari (sekarang Kabupaten Malang), Jawa Timur.

Nama resmi kerajaan itu sebenarnya adalah Tumapel. Menurut kitab Pararaton, Tumapel semula hanya sebuah daerah bawahan Kerajaan Kediri, yang setara kecamatan saat ini. Wilayah itu dipimpin oleh Tunggul Ametung.

Bagaimana perjalanan Ken Arok selanjutnya, berikut ulasan Cerita Pagi. Sebelum terkenal menjadi Raja Singasari dengan gelar Sri Ranggah Raja Batara Sang Amurwabumi, Ken Arok hanya seorang rakyat biasa.



Citranya bahkan sangat buruk. Dia terkenal sebagai maling, perampok, penyamun, dan perbuatan kotor lainnya. Dalam karangan SH Mintardja berjudul Bara di Atas Singgasana, Ken Arok hanya sampah masyarakat.

Namun, anak pasangan suami istri Gajah Para dan Ken Endok ini terkenal memiliki otak yang sangat encer. Tetapi. dia tidak dikehendaki oleh kedua orang tuanya dan kemudian dibuang.

Ken Arok lalu dirawat oleh Bango Samparan, hingga akhirnya menjadi seperti yang telah disinggung sebelumnya.



Pada awalnya, dia tidak memiliki niatan menjadi seorang raja, apalagi mendirikan kerajaan besar seperti Singasari. Jalan hidup Ken Arok berubah setelah Brahmana Lohgawe, membawanya kepada Akuwu Tunggul Ametung.

Saat itu, Ken Arok dijadikan prajurit di Tumapel. Dia ditugaskan sebagai juru taman di Boboji. Di tempat inilah, dia pertama kali bertemu pujaan hatinya Ken Dedes, yang tidak lain adalah istri dari Tunggul Ametung.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3671 seconds (0.1#10.140)