Asal Usul Ken Arok: dari Pasangan, Kutukan dan Akhir Hidupnya

Jum'at, 23 Desember 2022 - 16:48 WIB
loading...
Asal Usul Ken Arok: dari Pasangan, Kutukan dan Akhir Hidupnya
Ken Arok merupakan salah satu tokoh populer dalam sejarah nusantara. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Ken Arok merupakan salah satu tokoh populer dalam sejarah nusantara . Dia merupakan sosok pendiri Kerajaan Singasari yang berada di Jawa Timur.

Dilansir dari jurnal "Legitimasi Kekuasaan Ken Arok Versi Pararaton dan Negarakertagama", sejarah hidup Ken Arok dikisahkan dalam Kitab Pararaton, di dalamnya terselip kisah tentang Raja Singasari yang harus melegitimasi kekuasaan agar dipercaya rakyatnya.

Baca juga : Rahasia Kecantikan Ken Dedes, Cahaya Betisnya Memikat Ken Arok

Asal Usul Ken Arok

Dalam sejarahnya, Ken Arok merupakan anak dari seorang pejabat pada masa Kerajaan Kediri bernama Gajah Para dengan istrinya bernama Ken Ndok.

Ketika Ken Arok lahir dia sang ayah telah meninggal. Ken Ndok sempat meninggalkan anaknya itu di sebuah pemakaman.

Hingga akhirnya Ken Arok diasuh oleh seorang pencuri bernama Lembong. Dirawat oleh seorang kriminal membuat Ken Arok menjadi seorang penjudi.
Merasa resah atas kelakuan anak asuhnya Lembong akhirnya mengusir Ken Arok dan membuatnya menjadi anak jalanan dan sempat terkenal akan reputasi buruknya sebagai perampok di wilayah Kediri.

Namun hidupnya ini berubah setelah bertemu dengan Longhawe, brahmana dari India yang tengah mencari titisan Dewa Wisnu di tanah Jawa. Longhawe yakin bahwa Ken Arok adalah titisan yang dicarinya.
Berkat dorongan dari Longhawe juga Ken Arok akhirnya berhenti merampok dan menjadi prajurit Tumapel.

Bertemu Pasangan

Di situ dia bertemu dengan Tunggul Ametung yang merupakan akuwu atau camat di Tumapel. Namun Ken Arok justru jatuh hati pada istri Tunggul Ametung yakni Ken Dedes yang kala itu tengah mengandung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3998 seconds (0.1#10.140)