425.000 Orang dari Kelompok Masyarakat serta Komunitas di Jateng dan DIY Terliterasi Digital

Rabu, 30 November 2022 - 09:09 WIB
loading...
425.000 Orang dari Kelompok Masyarakat serta Komunitas di Jateng dan DIY Terliterasi Digital
Dalam rangka kampanye Indonesia Makin Cakap Digital, Kemenkominfo bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital, Siberkreasi menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital secara Hybrid. (Ist)
A A A
YOGYAKARTA - Dalam rangka kampanye Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan Kegiatan Literasi Digital secara Hybrid.

Kegiatan itu dilaksanakan di Ballroom Hotel Sahid, Yogyakarta pada tanggal 17 November 2022 lalu dengan mengangkat topik 'Literasi Digital Sebagai Upaya Meningkatkan Indonesia Makin Cakap Digital'.

Acara dihadiri lebih dari 500 peserta secara luring dan 2000 peserta secara daring dari berbagai komunitas di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan literasi digital yang telah dilaksanakan di provinsi Jawa Tengah dan DIY sepanjang tahun 2022.

Berdasarkan Survei Indeks Literasi Digital Nasional Indonesia yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada tahun 2021 disebutkan bahwa Indonesia masih berada dalam kategori 'sedang' dengan angka 3,49 dari 5,00.

Dalam merespon hal tersebut, Kemenkominfo menyelenggarakan program literasi digital yang berisi berbagai kegiatan edukatif baik secara daring, luring dan hybrid dengan materi yang didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yaitu kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital.

Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai daerah yang menjadi target program literasi digital telah menjangkau 425.000 orang dari komunitas dan kelompok masyarakat sejak bulan Juli hingga November tahun 2022.

Hal tersebut divalidasi oleh Program Implementation Unit (PIU) dan disaksikan oleh Wakil Bupati Semarang, Kepala Dinas Kominfo Semarang, Brebes, Magelang, Kulon Progo, dan Kepala dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutannya, Ketua Tim Literasi Digital Sektor Kelompok Masyarakat Kemenkominfo, Rizki Ameliah mengapresiasi para pihak yang terlibat dalam program literasi digital di Provinsi Jawa Tengah dan DIY hingga mencapai target program di tahun 2022.

Rizki juga mengingatkan masyarakat akan pentingnya empat pilar literasi digital dalam penggunaan teknologi informasi sehari-hari.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2610 seconds (11.210#12.26)