Kemenkominfo Gelar Webiner Literasi Bertema Tips Dunia Digital: Merubah Hobi Menjadi Bisnis

Minggu, 13 November 2022 - 14:11 WIB
loading...
A A A
Selain itu dengan cakap literasi digital dapat memacu individu untuk beralih dari konsumen yang pasif menjadi produsen yang aktif, baik secara individu maupun sebagai bagian dari komunitas.

Dengan literasi digital juga akan tercipta tatanan masyarakat dengan pola pikir dan pandangan yang kritis serta kreatif. Anggota masyarakat tidak akan mudah termakan oleh isu yang provokatif dan menjadi korban informasi hoaks atau korban penipuan yang berbasis digital.

Kemenkominfo bersama siberkreasi telah menyelenggarakan kegiatan webinar yang ketiga di bulan November untuk kelompok masyarakat / komunitas di wilayah Sumatra, Sabutu (12/11/2022) pukul 13.00-15.00 WIB.

Tema kegiatan tersebut yakni Tips Dunia Digital: Merubah Hobi Menjadi Bisnis. Webinar tersebut dihadiri oleh lebih dari 1.300 orang.

Webiner juga menghadirkan narasumber Mira Sahid, Wakil Ketua Umum Siberkreasi, Virna Lim, Ketua Umum Sobat Cyber Indonesia & Praktisi Literasi Digital, Al Akbar Rahmadillah, Founder Sobat Cyber Indonesia & Praktisi Literasi Digital.

Dalam webinar tersebut, Virna Lim membahas mengenai tips merubah hobi menjadi bisnis ditinjau dari perspektif cakap digital.

Menurutnya, Pekerjaan yang menyenangkan di dunia saat ini adalah hobi atau pekerjaan yang sesuai dengan passion kita. Perkembangan teknologi digital telah membuka peluang dan kesempatan untuk mewujudkan hal itu. Ada 4 (empat) hal yang perlu diperhatikan untuk menjadikan hobi sebagai bisnis.

"Pertama, kita perlu memastikan bahwa kita memiliki cukup kompetensi dalam bidang tersebut. Kedua, kita menikmati setiap proses dalam melakukan hal tersebut. Ketiga, kita tidak memiliki beban dalam menjalani setiap prosesnya. Keempat, kita selalu memiliki semangat lebih dibandingkan orang lain ketika melakukan hal tersebut," papar Virna Lim

Al Akbar memperkaya pembahasan mengenai tips merubah hobi menjadi bisnis ditinjau dari perspektif etis digital.

Dalam menjalankan hobi kata Akbar, sebagai bisnis di ruang digital juga perlu memperhatikan etika. Etika di ruang digital sangat perlu untuk menghindarkan kita dalam perilaku negatif bermedia sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7178 seconds (0.1#10.140)