Kominfo Edukasi Siswa SMA Ungaran Jaga Data Pribadi di Era Digital

Senin, 29 Juli 2024 - 06:35 WIB
loading...
Kominfo Edukasi Siswa...
Kemenkominfo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Ungaran menggelar webinar bertema Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial. Foto/Ilustrasi/Dok.Sindonews
A A A
UNGARAN - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Ungaran menggelar webinar bertema Digital Safety 101: Dasar Keamanan Akun Media Sosial . Webinar bertujuan untuk mengedukasi para siswa SMA agar mengerti cara mengatasi intimidasi online terkait gender, mencegah penyalahgunaan data pribadi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, serta hak kendali atas data pribadi, serta kemungkinan pelanggaran keamanan data yang berpengaruh pada privasi.

Para peserta webinar yang terdiri dari siswa SMA Negeri 1 dan 2 Kabupaten Ungaran, diingatkan untuk menggunakan perangkat digitalnya sesuai dengan fungsi. Yang paling utama adalah para siswa dan pendidik selalu waspada dan bisa menjaga privasi data pribadi agar tidak disalahgunakan oleh pihak tidak bertanggung jawab.

"Sebagai masyarakat yang pintar, kita harus melek akan literasi digital, mau menerapkan budaya membaca pada diri sendiri serta melakukan double checking terhadap setiap informasi yang diterima. Supaya data yang kita miliki aman dari pencurian, yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Bagian Tata Usaha Cabang Dinas Pendidikan Wilayah I, Angky Mayang Saswati dalam keterangan tertulis, Minggu (28/7/2024).



Menurutnya, Kementerian Kominfo telah mengeluarkan beberapa tips untuk melindungi data pribadi. Seperti mengganti kata sandi (password) secara berkala, tidak membuka tautan mencurigakan di dalam e-mail, SMS, atau kanal sosial media lain. Selain itu, menggunakan perangkat lunak yang legal, menghindari koneksi internet nirkabel (Wi-Fi) di sembarang tempat, dan jangan menunjukkan data pribadi, surel, kata sandi, OTP kepada orang lain.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Adriana Grahani Firdausy menambahkan, banyak masyarakat yang telah merasakan kegunaan internet dalam kehidupan sehari-hari. Semakin tinggi pengguna internet maka semakin tinggi pula kemungkinan tindak kejahatan yang diawali oleh beredarnya konten negatif, terlebih di kalangan pelajar.

Ia melihat dunia digital sangat luas dan bebas untuk berekpresi. Pengguna internet, paling banyak didominasi oleh kalangan pelajar. Terlebih dunia digital saat ini, berfungsi sebagai sarana, untuk mencari informasi, dan berinteraksi dengan komunitas atau sebagai sarana kegiatan belajar mengajar.

"Karena itu literasi digital penting, harus benar-benar digiatkan agar para siswa paham akan keamanan data pribadi, supaya tidak mudah untuk dicuri, dan disalahgunakan untuk kepentingan yang merugikan pemilik akun," katanya.
(hri)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2009 seconds (0.1#10.140)