Kemenparekraf Gelar Coaching Clinic KUR Syariah Sektor Parekraf, Salurkan Rp3,1 Miliar

Kamis, 13 Oktober 2022 - 19:15 WIB
loading...
A A A
Akses pembiayaan Syariah di Provinsi Aceh berdasarkan data dari SIKP KUR telah tersalurkan KUR Syariah oleh Bank Syariah Indonesia pada Sektor Parekraf pada bulan Januari-Agustus sebesar Rp706,4 miliar dengan jumlah 10.267 debitur.

Khusus Kota Banda Aceh realisasi penyaluran KUR oleh Bank Syariah Indonesia Bulan Januari-Agustus 2022 sebesar Rp114 miliar dengan jumlah 1.259 debitur.

Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Anggara Hayun Anujuprana memaparkan tentang permasalahan UMKM, yakni pandemi Covid-19 memberikan dampak pada mayoritas UMKM berupa penurunan penjualan atau permintaan usaha.

Pelaku UMKM terkendala kurangnya inovasi, tidak memiliki izin usaha, modal dan akses pembiayaan. Selain itu, Hayun juga menyampaikan solusi pembiayaan bagi UMKM dapat diperoleh melalui perbankan maupun non perbankan.

KUR Syariah merupakan salah satu solusi yang ditawarkan perbankan untuk mengatasi permasalahan pembiayaan bagi UMKM di Provinsi Aceh.

Koordinator Perbankan Kemenparekraf/Baparekraf, Mugiyanto menyampaikan " Coaching Clinic KUR Syariah sektor Parekraf di Aceh ini adalah Coaching Clinic KUR Syariah yang kedua kali di Indonesia yang dilaksanakan oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

"Diharapkan Coaching Clinic KUR Syariah yang kita lakukan bersama ini, mampu menjadi suatu gerakan bersama untuk membangkitkan kembali kepariwisataan dan ekonomi kreatif di Aceh kedepannya, dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang pada akhirnya diharapkan dapat mewujudkan Visi Indonesia Maju," ujar Mugiyanto.

Pelatihan ini dihadiri oleh Asisten Deputi Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves, Direktur Akses Pembiayaan Kemenparekraf/Baparekraf, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Staf Ahli Wali Kota Banda Aceh, Kepala Dinas Pariwisata Kota Banda Aceh, Area Segmen Micro & Pawning Area Banda Aceh dan Business Development Officer Regional I Aceh Bank Syariah Indonesia.
(shf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2360 seconds (0.1#10.140)