Kisah Mistis Sultan Agung Menikah dengan Ratu Kidul demi Kekuasaan Mataram Islam

Kamis, 08 September 2022 - 05:19 WIB
loading...
A A A
Kisah mistis Sultan Agung tersebut akan menjadi fokus pembahasan Cerita Pagi kali ini.

Menurut cerita rakyat Jogjakarta, Sultan Agung menikah dengan Ratu Kidul. Pernikahan ini bersifat politis untuk Kerajaan Mataram Islam. Dari pernikahannya itu, Sultan Agung mendapatkan kekuatan pasukan gaib.

Baca juga: Tumenggung Endranata, Pengkhianat Mataram yang Dimutilasi Sultan Agung Menjadi 3 Bagian

Semua makhluk halus yang berada di bawah kekuasaan Ratu Kidul di seluruh Jawa, tunduk pada perintah Sultan Agung. Sosok gaib lain yang mendampingi Sultan Agung adalah patih Kerajaan Mataram Islam, Bau Reksa.

Dalam kepercayaan masyarakat Jogjakarta, Bau Reksa merupakan sosok sakti yang bisa terbang seperti burung dan lari secepat kilat. Sehingga, musuh akan binasa sebelum sempat mencabut pedang dan senjatanya.

Dalam cerita Jayengkatong dan Endhog Degan atau Awal Mula Lahar Gunung Merapi Tidak Mengalir ke Selatan, disebutkan bahwa setelah bertemu Ratu Kidul, Sultan Agung diberikan benda pusaka jayengkatong dan endhog.

Baca: Dendam Kesumat Sultan Agung Cincang Antonio Paulo Utusan VOC Jadi Santapan Buaya

Jayengkatong memiliki kesakitan bila dioleskan kepada seseorang, maka orang tersebut akan menghilang dan berubah menjadi makhluk halus. Sedang endhog degan atau telur degan bisa mengubah orang menjadi monster.

Kedua benda pusaka itu kemudian diserahkan Sultan Agung kepada Ki Juru Mertani agar diserahkan kepada mereka yang dicurigai oleh Kerajaan Mataram Islam. Lalu, Ki Juru Mertani memberikan endhog degan kepada Ki Juru Taman.

Setelah memakan telur degan, wujud Ki Juru Taman langsung berubah menjadi raksasa mengerikan. Kepada Ki Juru Taman yang telah berubah menjadi monster, Sultan Agung memerintahkan dia tinggal di bukit Plawangan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1630 seconds (11.210#12.26)