Kisah Mistis Sultan Agung Menikah dengan Ratu Kidul demi Kekuasaan Mataram Islam

Kamis, 08 September 2022 - 05:19 WIB
loading...
A A A
Baca: Sejarah Nasi Uduk, Berawal dari Kegemaran Sultan Agung Mataram Menyantap Nasi Arab

Tugas Ki Juru Taman di tempat itu adalah menjaga Gunung Merapi, jika suatu saat meletus laharnya tidak mengalir ke selatan. Karena di wilayah selatan Gunung Merapi itu berada kerajaan dan Istana Keraton Mataram.

Sulit dipercaya, sejak peristiwa itu setiap Gunung Merapi meletus, laharnya tidak pernah mengarah ke selatan arah Kerajaan Mataram Islam. Sedangkan minyak jayengkatong dioleskan Ki Juru Mertani kepada dua orang sahaya.

Kedua orang sahaya itu adalah pria dan wanita. Tidak lama setelah minyak dioleskan, kedua sahaya itu langsung hilang menjadi makhluk halus. Keduanya lalu diberi nama Kyai Panggung dan Nyai Rasa.

Baca: Kisah Sultan Agung Mengislamkan Penanggalan Jawa, Tepat 1 Suro dan 1 Muharram

Kedua hamba sahaya itu oleh Sultan Agung diperintah untuk menjaga pohon beringin putih yang ada di masjid Kota Gede. Hingga kini, kedua pohon beringin itu masih ada di wilayah Kecamatan Kota Gede, Jogjakarta.

Dalam mitologi Jawa, kisah mistis Sultan Agung memiliki makna yang mendalam tentang kepemimpinan. Melalui cerita rakyat itu pula, pesan-pesan tersembunyi itu disampaikan. Sampai di sini ulasan singkat Cerita Pagi.

Sumber tulisan:
1. Soedjipto Abimanyu, Kitab Terlengkap Sejarah Mataram, Saufa, 2015.
2. Budiono Herusatoto, Mitologi Jawa, Oncor, 2012.
(san)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0900 seconds (10.55#12.26)