Kisah Mistis Sultan Agung Menikah dengan Ratu Kidul demi Kekuasaan Mataram Islam

Kamis, 08 September 2022 - 05:19 WIB
loading...
Kisah Mistis Sultan Agung Menikah dengan Ratu Kidul demi Kekuasaan Mataram Islam
Pertempuran pasukan Kerajaan Mataram Islam karya pelukis S Sudjojono. Foto: Istimewa
A A A
SULTAN Agung merupakan gelar yang diberikan terhadap Raden Mas Jatmika, Raja Mataram Islam ke-3. Gelar lengkapnya adalah Sultan Agung Hanyokrokusuma. Namun, masyarakat lebih mengenalnya Sultan Agung.

Sultan Agung alias Raden Mas Jatmika, merupakan anak pasangan Prabu Hanyokrowati dan Ratu Mas Adi Dyah Banowati, putri Pangeran Benawa dari Pajang. Sultan Agung dilahirkan di Kotagede Mataram, pada 1593.

Sebelum naik takhta menjadi Raja Mataram, Sultan Agung dikenal juga dengan Raden Mas Rangsang. Setelah naik takhta, dia mendapat gelar Sultan Agung Hanyokrokusuma atau Prabu Pandita Hanyokrokusuma.



Gelar ini diembannya hingga dia berhasil menaklukkan Madura, pada 1624. Sejak itu, gelarnya diganti menjadi Susuhunan Agung Hanyokrokusuma atau Sunan Agung Hanyokrokusuma.

Pada 1640, gelar tersebut berganti lagi menjadi Sultan Agung Senapati ing Alaga Abdurrahman. Dia juga mendapat gelar Sultan Abdullah Muhammad Maulana Mataram. Namun, dari semua gelarnya Sultan Agung yang paling akrab.

Selanjutnya, penulisan ini akan memakai gelar Sultan Agung untuk menyebut Raden Mas Jatmika, Raja Mataram.



Pada masa pemerintahannya, Sultan Agung berhasil membawa Kerajaan Mataram Islam kepuncak kejayaan. Bukan tanpa sebab, selain karena trampil dalam memimpin, Sultan Agung juga dikenal dengan kesaktiannya.

Bahkan, menurut cerita rakyat yang berkembang dan dipercaya hingga saat ini, Sultan Agung menjalin hubungan dengan makhluk halus bernama Ratu Kidul dan Bau Reksa, untuk memperkuat Kerajaan Mataram Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2089 seconds (0.1#10.140)