Pesimis Raih Adipura, Kinerja DLH Makassar Disorot

Jum'at, 19 Agustus 2022 - 22:22 WIB
loading...
A A A
"Yang harus jadi catatan bahwa TPA ini menjadi bobot yang cukup terbesar. Ini yang harus kami pikirkan bersama karena indikator khusus untuk TPA memang juga cukup ketat," katanya.



Mantan Kepala Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan (Dukcapil) Makassar ini membeberkan, sudah ada penilaian awal terkait dokumen-dokumen di masing-masing pemerintah daerah. Dari 24 kabupeten kota di Sulsel, Makassar mendapatkan nilai paling tinggi. Kendati begitu, masih ada penilaian lanjutan, yakni kesesuaian antara dokumen dan kondisi yang ada di lapangan.



Puspa menyebut, yang saat ini tengah digodok adalah Proyek Strategis Nasional Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL). Proyek ini dinilai cukup mendesak akibat keterbatasan lahan TPA sehingga memang diperlukan pemanfaatan teknologi yang dapat mengurangi volume sampah secara signifikan, ramah lingkungan dan teruji.

Menurut pengakuan Puspa, progres PSEL ini sudah mendapat review atau peninjauan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Proses tender kembali ditarget paling lambat bulan September mendatang.

“Lelang dibuka ke semua saluran, kami buatkan slot di website Makassar khusus PSEL, tapi kami juga akan dibantu oleh pihak ULP (Unit Layanan Pengadaan). BI juga sudah bersedia jadi fasilitstor memasarkan proyek kita ke luar negeri,” pungkasnya.
(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)