Santri Harus Gelorakan Jihad Kebangsaan di Dunia Digital

Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:34 WIB
loading...
A A A
“Di sinilah, pelatihan santri ini diharapkan mampu mencetak kader santri dengan wawasan hubbul wathan minal iman sebagai pelanjut sejarah dan amanat dari resolusi jihad yang pernah dikobarkan oleh para kiayi, ulama dan kalangan pesantren,” tandasnya

Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Halim Mahfudz mengungkapkan bahwa kerjasama antara pihaknya dengan BNPT adalah guna memberikan pelatihan kepada para santri yang diharapkan memiliki kemampuan memahami, menganalisis konten informasi dan merespon isi pesan.



Dengan berpegang teguh pada kaidah Al-Muhafadhotu Alal Qodimis Sholeh Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah (memelihara budaya-budaya klasik yang baik dan mengambil budaya-budaya yang baru yang konstruktif), dia berharap jika nantinya terjadi pelanggaran akhlak, dan pelanggaran toleransi dan kecenderungan radikalisme, para santri muda ini memiliki sense dan kepekaan. "Untuk meluruskan informasi agar tidak menimbulkan kegaduhan, intoleransi dan radikallisme,” jelasnya.

Gus Iim menjelaskan bahwa para santri harus berjuang melawan kekuatan yang merongrong persatuan dan kesatuan yang dapat merusak generasi muda untuk bisa berbakti dan mengabdi untuk negeri.

“Maka Pesantren Tebuireng mengundang dan mengajak seluruh elemen bangsa khususnya para santri untuk bersatupadu dan berpartisipasi aktif secara terbuka menghadapi ancaman radikalisme, terorisme dan intoleransi," tegasnya.

Workshop dan pelatihan ini diikuti para santri dari pondok pesantren di Jawa Timur antara lain Pondok Pesantren Darussalam Banyuwangi, Pondok Pesantren Seblak Jombang, Pondok Pesantren Lirboyo, Pondok Pesantren Salafiyah Syafiiyah Situbondo, Pondok Pesantren Tebuireng, Pondok Pesantren Annuqayyah Sumenep, Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang, Pondok Pesantren Langitan Tuban, Pondok Pesantren Bahrul Ulum Jombang, Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan.
(shf)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1587 seconds (10.177#12.26)