Santri Harus Gelorakan Jihad Kebangsaan di Dunia Digital

Sabtu, 18 Juni 2022 - 16:34 WIB
loading...
A A A
Karena itulah, usaha menjaga kedaulatan bangsa dan menjaga nilai dan warisan para leluhur bangsa Indonesia harus dilakukan secara bersama-sama dan bersinergi.

Nisan menerangkan bahwa BNPT dengan kebijakan Pentahelix terus berkomitmen dan konsisten untuk mengajak seluruh komponen masyarakat baik pemerintah, akademisi, komunitas, dunia usaha maupun media.

“Oleh karena itu kegiatan pada hari ini merupakan salah satu bentuk sinergi dan kolaborasi BNPT dengan komunitas dari kalangan pesantren khususnya para santri dari generasi muda untuk bersama-sama meneguhkan komitmen kebangsaan dalam menjaga NKRI yang damai, harmoni dan bermartabat,” jelasnya.

Mantan Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara TNI AD ini menerangkan bahwa ancaman penyebaran paham intoleran, radikalisme dan terorisme terus meningkat khususnya di dunia maya.

Tanpa kenal lelah kelompok ini terus menyebarkan propaganda, provokasi dan hasutan yang bernuansakan intoleransi, segregasi dan nilai yang bertentangan dengan semangat kebangsaan.

Selain itu, kelompok ini seringkali menyuarakan narasi yang membenturkan nilai agama dengan nilai-nilai kebangsaan untuk mempengaruhi generasi muda.

“Di sinilah, saya kira generasi muda dari kalangan pesantren harus mengambil panggung dan berani mengambil ruang dalam kontestasi narasi di dunia digital,” ucap Nisan.

Dia berharap melalui kegiatan pelatihan ini kalangan santri mempunyai kecakapan digital sebagai senjata dalam melawan narasi-narasi keagamaan yang kerap dieksploitasi dan dimanipulasi untuk kepentingan politik yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa ini.

“Ruang-ruang publik di dunia maya harus direbut oleh kalangan santri dengan menyuarakan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil alamin dan hubbul wathan minal iman,” tambahnya.

Menurutnya, kalangan santri milenial tidak hanya dituntut mampu secara subtansi keagamaan, tetapi harus juga mampu menjawab tantangan kekinian dalam perkembangan teknologi dan informasi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1962 seconds (11.210#12.26)