Fenomena Crazy Rich, OJK Ingatkan Pentingnya Literasi Keuangan untuk Investasi

Rabu, 30 Maret 2022 - 02:11 WIB
loading...
Fenomena Crazy Rich, OJK Ingatkan Pentingnya Literasi Keuangan untuk Investasi
Ilustrasi literasi keuangan OJK. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Fenomena crazy rich affiliator binary option saat ini tengah menjadi sorotan di Indonesia. Pasalnya, permainan trading yang diikuti oleh banyak orang ini, telah memberikan kerugian hingga miliaran rupiah.

Hal tersebut membuktikan, jika pengetahuan dan pemahaman keuangan masyarakat Indonesia seputar investasi masih terbilang rendah. Namun semangat dan keinginan untuk meningkatkan kondisi perekonomian cukup tinggi.

Menurut survei literasi dan inklusi keuangan OJK pada 2019, inklusi keuangan Indonesia telah mencapai 76%. Namun, hal tersebut berbanding terbalik dengan literasinya yang hanya mencapai 38%.

Deputi Direktur Literasi dan Informasi OJK Yulianta mengungkapkan, investasi dan menabung sangat penting untuk mencapai tujuan hidup yang diinginkan.



"Investasi dilakukan untuk menghadapi kondisi ekonomi yang bergerak dinamis. Namun, kondisi finansial harus dikelola dengan efektif dan efisien," katanya, saat webinar dengan Bibit, aplikasi reksadana dan SBN, Selasa (29/3/2022).

Menurutnya, memahami kondisi keuangan, mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan, bijak dalam berhutang, dan menyisihkan pendapatan untuk investasi atau tabungan harus yang sudah terdaftar di OJK atau regulator lainnya.

"Sejak tahun 2018, Satgas Waspada Investasi OJK telah menutup 1.014 investasi ilegal, 3.784 pinjaman online ilegal, dan 165 entitas gadai ilegal yang telah menyebabkan total kerugian masyarakat hingga Rp117,4 triliun," jelasnya.

Dilanjutkan dia, hal ini menunjukan betapa pentingnya masyarakat mengetahui ciri-ciri investasi bodong/ilegal yang dengan mudah memberikan klaim tanpa risiko, memanfaatkan tokoh masyarakat atau influencer untuk menarik minat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1307 seconds (0.1#10.140)