Mahasiswa Yogyakarta Dapat Kelas Literasi dan Inklusi Keuangan dari OJK

Kamis, 30 Mei 2024 - 13:39 WIB
loading...
Mahasiswa Yogyakarta Dapat Kelas Literasi dan Inklusi Keuangan dari OJK
Asuransi Astra bekerja sama dengan OJK dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan kelas literasi keuangan bagi mahasiswa. Foto/Istimewa
A A A
YOGYAKARTA - Dalam ekonomi global yang berkembang pesat, masyarakat diajak untuk bisa menyesuaikan diri dengan mengikuti tren agar dapat mengambil keputusan yang cerdas setiap saat demi mencapai kehidupan yang sejahtera.

Peran literasi keuangan menjadi sangat penting di sini, agar masyarakat memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar yang diperlukan untuk menciptakan identitas dan perilaku yang baik dalam hal keuangan dan mendukung terciptanya sumber daya manusia berprinsip.

Untuk mendukung terwujudnya masyarakat Indonesia yang melek finansial, Asuransi Astra bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta menyelenggarakan kelas literasi keuangan bagi mahasiswa perguruan tinggi di Yogyakarta.



Berdasarkan hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2022 oleh OJK, tercatat bahwa indeks literasi keuangan masyarakat Indonesia sebesar 49,68 persen dan inklusi keuangan sebesar 85,10 persen.

Dengan hasil tersebut, OJK menetapkan target untuk meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan menjadi 90 persen pada tahun 2024, yang membutuhkan kerja sama dari berbagai pihak.

Kepala Otoritas Jasa Keuangan Daerah Istimewa Yogyakarta Parjiman menyatakan bahwa kolaborasi antara regulator, pelaku usaha, lembaga keuangan, dan akademisi diperlukan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan secara merata di Indonesia.



”Selain memberikan materi tentang bahaya pinjaman online dan investasi ilegal, OJK juga mengingatkan mengenai pentingnya literasi keuangan bagi kaum muda untuk mengelola dan menginvestasikan uang dengan bijak guna meminimalisir risiko,” kata Parjiman.

Kelas literasi keuangan juga mengenalkan beragam produk keuangan yang dapat diakses untuk mencapai masa depan finansial yang stabil. Para peserta diberi pemahaman tentang manfaat pencatatan dana, investasi, dan asuransi dalam menghadapi perubahan ekonomi global.

Presiden Direktur Asuransi Astra, Christopher Pangestu menekankan pentingnya pengelolaan keuangan untuk menciptakan kehidupan yang lebih stabil. Dia juga menggarisbawahi peran asuransi dalam mengurangi risiko finansial.

Wakil Rektor 2 Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Samiaji Sarosa, menilai literasi keuangan sebagai bekal untuk merencanakan keuangan yang stabil di masa depan. Acara diakhiri dengan Campus Hiring oleh Asuransi Astra.

Kemudian memberikan kesempatan pekerjaan bagi mahasiswa dan penyerahan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi dari berbagai universitas di Yogyakarta, serta polis asuransi untuk mendukung inklusi keuangan dan memberikan perlindungan.
(ams)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1705 seconds (0.1#10.140)
pixels