Kisah Untung Surapati, Ketampanannya Bikin Putri Cantik Crazy Rich Belanda Jatuh Cinta

Minggu, 28 April 2024 - 06:20 WIB
loading...
Kisah Untung Surapati, Ketampanannya Bikin Putri Cantik Crazy Rich Belanda Jatuh Cinta
Untung Surapati merupakan salah satu budak kesayangan crazy rich Belanda Edele Heer Moor. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
Untung Surapati merupakan salah satu budak kesayangan crazy rich Belanda Edele Heer Moor. Pria bernama asli Surawiraaji, ini dianggap oleh majikannya Edele mendatangkan keberuntungan dari hasil perdagangannya.

Karena keberuntungan yang terus datang itulah, Edele memberikan nama Untung ke Surawiraaji, yang begitu disayanginya. Bahkan konon Untung oleh Edele Heer Moor dijadikan anak emasnya, kendati hanya seorang budak.

Edele Heer Moor mempercayakan Untung untuk menemani putrinya yang bernama Suzanne. Seringnya pertemuan Untung dengan sang anak menjadikan hubungan antara Suzanne dan Untung, kian akrab, sebagaimana dikutip dari "Untung Surapati Melawan VOC Sampai Mati" dari Sri Wintala Achmad.

Mereka pun seperti saudara seayah seibu dan kian akrab. Mereka saling menyayangi dan mengasihi, sehingga ketika keduanya berusia dewasa timbullah perasaan saling mencintai sebagai sepasang kekasih.



Bagi Suzanne, Untung adalah pria satu - satunya yang telah mencuri hatinya. Selain karena tampan, Untung terkenal dengan sifat kedermawanannya, yang membuat Suzanne kian jatuh cinta kepada sang budak ayahnya itu. Suzanne pun selalu memberikan barang berharga yang diminta Untung.

Namun barang - barang itu tidak untuk disimpannya, melainkan dibagi - bagikan ke para budak kolonial yang berasal dari Bugis dan Bali. Hal ini diketahui oleh Edele Heer Moor, yang menyebabkan sang majikan marah besar.

Ia marah atas ulah Untung yang membagikan barang berharga milik anaknya Suzanne. Inilah yang menyebabkan Untung mendapat hukuman cambuk oleh sang majikan. Tetapi Edele Heer Moor akhirnya pun iba dengan sang anak emasnya ini, ia pun diampuni.

Waktu berjalan saat Untung dan Suzanne yang sudah mabuk cinta saling bertemu. Untung dengan berani memasuki gedung bersama Suzanne, konon keduanya akhirnya melakukan hubungan suami istri. Hubungan antara seorang budak dengan anak majikan yang sudah dimabuk asmara.

Tetapi atas perbuatan ini Untung harus menerima akibatnya, aksinya yang diketahui sang majikan membuat Edele tak bisa lagi memaafkan Untung. Untung ditangkap dan dijebloskan di dalam penjara, Suzanne dipulangkan ke Belanda. Namun ada sumber lain dari Babad Tanah Jawa dan Babad Surapati, Suzanne diasingkan di Teluk Jakarta.

Konon saat diasingkan inilah, Suzanne tengah mengandung anak hasil hubungannya dengan Untung Surapati muda. Kemudian anak itu diberi nama Robert saat terlahir. Namun tak ada catatan sejarah lagi setelah itu, nasib Suzanne dan anaknya yang disinyalir kuat hasil hubungannya dengan sang budak pun tak diketahui.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)