Bupati Lutra Dorong Pilar Sosial Jadi Ujung Tombak Penanggulangan Risiko Bencana

Senin, 14 Maret 2022 - 18:45 WIB
loading...
Bupati Lutra Dorong Pilar Sosial Jadi Ujung Tombak Penanggulangan Risiko Bencana
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pilar-pilar Sosial dalam Penanggulangan Bencana, di Lapangan Desa Tulak Tallu, Kecamatan Sabbang, Senin (14/3/2022). Foto: Dok Pemkab Luwu Utara
A A A
LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani , terus mendorong masyarakat, terutama pilar-pilar sosial, agar tampil di garda terdepan, sekaligus sebagai ujung tombak dalam upaya penanggulangan risiko bencana di wilayahnya.

Seperti diketahui, Lutra adalah salah satu daerah di Indonesia yang masuk kategori rawan bencana, utamanya banjir dan tanah longsor. Untuk itu, peran strategis para pilar sosial menjadi sangat urgen dalam mengurangi risiko bencana .

“Peran pilar-pilar sosial dalam penanggulangan bencana itu sifatnya terus-menerus, tidak putus,” kata Bupati Indah saat membuka Pelatihan Peningkatan Kapasitas Pilar-pilar Sosial dalam Penanggulangan Bencana, di Lapangan Desa Tulak Tallu, Kecamatan Sabbang, Senin (14/3/2022).

“Jadi, kehadiran pilar-pilar sosial ini tidak hanya pada masa tanggap darurat saja, tetapi juga tak kalah pentingnya adalah bagaimana penyiapan masyarakat, termasuk tenaga-tenaga yang mungkin kita kerahkan ketika kejadian bencana terjadi,” sambung Bupati Indah .



Ia juga menyebutkan dalam Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana disebutkan bahwa peran penyelenggaraan penanggulangan bencana ada tiga. Masing-masing yakni prabencana, tanggap darurat dan pascabencana. Nah, peran pilar-pilar sosial ini menjadi urgen, baik pada kondisi prabencana, tanggap darurat maupun pascabencana.

Dikatakannya, pengurangan risiko bencana berbasis komunitas sudah seharusnya menjadi prioritas para pilar sosial. Dengan begitu, semua orang atau individu dapat menjadi ujung tombak atas dirinya sendiri dalam penanggulangan bencana, baik alam maupun non alam.

“Jadi, warga adalah ujung tombak, atau orang yang terdepan dalam rangka mengurangi risiko bencana itu sendiri,” jelasnya.

“Yang bisa kita lakukan pertama kali saat ada bencana adalah pertolongan mandiri, diri kita, keluarga kita, serta orang-orang yang ada di sekitar kita,” sambung Bupati Indah .

Untuk itu, Bupati Lutra dua periode ini berharap para pilar sosial dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul, tangguh dan tanggap, serta mampu meminimalisir risiko bencana ketika bencana tersebut betul-betul terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.4387 seconds (0.1#10.140)