Banjir Rob Rendam Pantura Jawa Tengah, Ini Rekomendasi Badan Geologi

Selasa, 31 Mei 2022 - 17:32 WIB
loading...
Banjir Rob Rendam Pantura Jawa Tengah, Ini Rekomendasi Badan Geologi
Badan Geologi merilis penyebab dan rekomendasi banjir rob Pantura Jateng. Foto: MPI/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Badan Geologi memberikan beberapa rekomendasi terkait mitigasi banjir rob di wilayah Pantura Jawa Tengah . Rekomendasi ini untuk meminimalisasi bencana serupa terjadi lagi di kemudian hari.

"Mitigasi banjir rob di wilayah Pantura Jawa Tengah sebaiknya harus lebih terintegrasi dengan memahami karakter dan dinamika pesisirnya,” kata Sekretaris Badan Geologi juga Plt. Kepala Balai Besar Survei dan Pemetaan Geologi Kelautan Ediar Usman, melalui aplikasi Zoom, Selasa (31/5/2022).



Menurutnya, persamaan persepsi dan koordinasi antara instansi terkait dan seluruh elemen masyarakat untuk mencari solusi secara maksimal.



Tak hanya itu, pola pikir dan pola hidup masyarakat setempat juga harus menerapkan pola hidup bersih di lingkungannya masing-masing. Mereka juga diharapkan dapat beradaptasi dengan lingkungan.

“Juga perlunya penyelesaian tata ruang kota di kawasan pantai yang tertata baik untuk wilayah pemukiman, industri, pelabuhan, wisata, nelayan dan perikanan, " bebernya.



Menurut dia, kota muka pesisir Semarang dan kota lainnya saat ini tumbuh dan berkembang diatas endapan alluvium pantai atau marine dengan daya dukung tanah rendah sehingga dimungkinkan terjadinya penurunan tanah.

Beberapa hasil penelitian terdahulu kawasan pesisir memiliki tingkat kerentanan rendah dengan nilai indeks komposit sebesar 2,17.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1952 seconds (0.1#10.140)