Patahan Gringsing Berpotensi Gempa, Ganjar: Tak Perlu Panik

Kamis, 16 Maret 2023 - 11:53 WIB
loading...
Patahan Gringsing Berpotensi Gempa, Ganjar: Tak Perlu Panik
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait temuan Patahan Gringsing yang berpotensi menimbulkan gempa. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
BATANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik terkait temuan Patahan Gringsing yang berpotensi menimbulkan gempa. Diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG ) menemukan Patahan Gringsing awal Maret lalu yang berpotensi menimbulkan gempa.

"(Warga) tidak perlu panik, nanti semua orang takut, tapi literasinya cukup dan cerdas menghadapi situasi ini," kata Ganjar dalam keterangannya usai memimpin Musrenbangwil Petanglong dan Bregasmalang di Pendopo Bupati Batang, Rabu (15/3/2023).

Patahan Gringsing berada dalam area Patahan Weleri sepanjang 19 km. Melewati wilayah lautan dan daratan di sepanjang pantai Kabupaten Batang.

Ada delapan desa di sejumlah kecamatan di Kabupaten Batang yang dilalui patahan berpotensi menimbulkan gempa itu. Di Kecamatan Gringsing, patahan melewati Desa Lebo, Krengseng, Ketanggan, dan Sawangan.

Menurut Ganjar, pada umumnya letak geografis Indonesia memang berada di wilayah rawan bencana . Namun, kondisi tersebut tidak boleh membuat masyarakat cemas dengan ancaman gempa.

"Penjelasan yang diberikan bukan untuk menakut-nakuti, itu bagian dari mitigasi. Maka kalau kita berada di wilayah rawan bencana, konstruksinya mesti baik," jelasnya.

Upaya mitigasi yang telah dilakukan antara lain pemasangan peralatan jaringan pemantauan gempa di Kecamatan Gringsing dan Paninggaran, Pekalongan. Tujuannya untuk pemantauan sesar-sesar di darat wilayah Jawa Tengah

Edukasi juga diberikan ke warga untuk memahami tentang upaya yang harus dilakukan. Baik sebelum gempa, pada saat gempa dan pascagempa, serta mempersiapkan jalur-jalur evakuasi.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)