Kilau Sinar Betis Indah Ratu Laut Selatan yang Membuat Penguasa Mataram Terhenyak

Senin, 28 Februari 2022 - 05:52 WIB
loading...
A A A
Namun penguasa Laut Selatan tersebut meminta persyaratan, yakni mulai Sutawijaya hingga anak dan cucunya kelak, bersedia menjadikan Ratu Kidul sebagai istri. Artinya siapapun Raja Mataram nanti adalah suami penguasa laut selatan.

Dalam kisah "Di Antara Kali Progo Dan Kali Opak" Sutawijaya menganggap syarat tersebut bukan syarat, tapi sebuah anugerah. Karenannya tanpa pikir panjang Sutawjiaya langsung menyatakan kesanggupannya.

"Dengan senang hati, Ratu," kata Sutawijaya. Ratu Kidul itu pun kemudian menghilang. Sutawijaya kemudian mentas dari air, dan melanjutkan semedinya di Lipura, yakni bagian hutan Mentaok paling selatan, tepatnya di sebelah barat Kali Opak.

Di atas batu yang permukaanya rata, Sutawijaya tertidur. Ki Juru Mertani yang mencari keponakannya melihat cahaya biru dari langit yang jatuh ke tubuh Sutawijaya.

Ki Juru Mertani menangkap isyarat Sutawijaya kelak menjadi seorang raja besar. Ia juga mendengar penuturan Sutawijaya yang sempat bertemu Ratu Laut Selatan. Untuk menyempurnakan laku tirakat, Ki Juru Mertani lantas meminta Sutawijaya melanjutkan semedinya di Gunung Merapi.



"Dengan bertapa di sana kau akan banyak belajar gelar perang, siasat perang dan semua yang berkaitan dengan peperangan kepada penguasa Gunung Merapi, Ki Sapujagad, dan Ki Udanangga," kata Ki Juru Mertani.

Cita-cita Danang Sutawijaya betul-betul terkabul. Dengan runtuhnya Kerajaan Pajang, pada tahun 1586 Sutawijaya mengangkat dirinya sebagai raja pertama Kerajaan Mataram Islam dengan gelar Panembahan Senopati.

Masa pemerintahan Panembahan Senopati di Kerajaan Mataram Islam berlangsung 15 tahun. Panembahan Senopati meninggal dunia pada tahun 1601. Salah satu keturunannya yang membawa Kerajaan Mataram Islam mencapai puncak kejayaan adalah Sultan Agung Hanyokrokusumo.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)