Kilau Sinar Betis Indah Ratu Laut Selatan yang Membuat Penguasa Mataram Terhenyak

Senin, 28 Februari 2022 - 05:52 WIB
loading...
A A A
Danang Sutawijaya menyatakan tidak akan mengikuti jejak sikap ayahnya. Sutawijaya menyatakan diri ingin menjadi pemimpin. "Teruskan sikapmu. Teruskan pembangunan bumi Mataram ini menjadi sebuah kerajaan di waktu nanti," pesan Ki Juru Mertani.

Danang Sutawijaya kemudian memutuskan untuk bertapa. Ia pergi ke Kali Opak dan bertapa di aliran airnya yang deras. Sutawijaya mengikat dirinya pada potongan kayu jati yang bernama Tunggul Wulung.

Kayu itu kemudian dibiarkan hanyut terbawa arus air. "Bertapa dengan cara seperti ini sering disebut sebagai tapa ngeli, yang artinya bertapa mengikuti arus sungai," tulis Krishna Mihardja.



Tubuh Sutawijaya yang berada di atas kayu Tunggul Wulung, terseret arus air hingga ke Laut Selatan. Di atas kayu yang diombang-ambingkan arus sungai dan ombak laut selatan, Sutawijaya tetap bertahan.

Tiba-tiba penglihatannya melihat sosok perempuan berbaju kebaya hijau dan berkain warna senada. Sutawijaya takjub. Ia melihat sosok wanita cantik itu berdiri di atas permukaan air. "Siapakah Anda yang sakti ini dan apa perlunya mendekati saya," tanya Danang Sutawijaya.

Perempuan cantik itu tidak segera menjawab. Ia hanya tertawa lirih. Dalam kisah "Di Antara Kali Progo Dan Kali Opak" digambarkan, di sela bibirnya yang merah, sederet giginya tampak putih bersinar

Angin yang bertiup kencang tiba-tiba menyingkapkan kain yang dipakainya. Terlihat sekilas betis yang bersinar indah. Danang Sutawijaya terhenyak. Ia kembali terhenyak untuk yang kedua kali saat wanita cantik itu mengatakan dirinya adalah Ratu Kidul, penguasa Laut Selatan.

Danang Sutawijaya seketika terdiam. Saat ditanya penguasa laut selatan, apa tujuannya bersemedi hingga tiba di laut selatan, Sutawijaya mengungkapkan cita-citanya. Sutawijaya ingin Mataram tidak hanya sekedar menjadi kademangan. Tapi menjadi sebuah wilayah yang lebih besar dan berwibawa, yakni kerajaan. Ratu Kidul menyatakan bersedia membantu. Ia berjanji akan membantu Sutawijaya mewujudkan cita-citanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)