Hendak Melahirkan Ibu Ini Ditolak 3 RS karena COVID-19, Dinkes Bengkulu Ambil Tindakan Tegas

Jum'at, 25 Februari 2022 - 17:05 WIB
loading...
Hendak Melahirkan Ibu Ini Ditolak 3 RS karena COVID-19, Dinkes Bengkulu Ambil Tindakan Tegas
Tangkapan layar video ketika pasien berada di salah satu rumah sakit di Kota Bengkulu. Foto/MPI/Demon Fajri
A A A
BENGKULU - Dinkes Provinsi Bengkulu, mengambil langkah tegas dengan memanggil manajemen tiga rumah sakit (RS) yang tega menolak seorang ibu rumah tangga yang hendak melahirkan, hanya gara-gara ibu tersebut tes antigennya reaktif COVID-19.



Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, Herwan Antoni mengatakan, telah memanggil tiga perwakilan rumah sakit yang menolak pasien, dan menggelar rapat secara tertutup di Kantor Dinkes Provinsi Bengkulu,Jumat (25/2/2022).



"Kami memanggil tiga perwakilan rumah sakit. Mulai dari Rumah Sakit Rafflesia, Direktur RSUD HD Kota Bengkulu, Kabid Pelayanan RSUD M Yunus Bengkulu, dan Direktur RSUD Bengkulu Tengah," kata Herwan, saat dikonfirmasi, Jumat (25/2/2022).



Dari hasil pertemuan dengan manajemen tiga rumah sakit tersebut, dan berdasarkan klarifikasi dari tiga rumah sakit, kata Herwan, Dinkes Provinsi Bengkulu, mengambil sikap dengan memberikan surat perintah kepada tiga direktur RS agar tidak lagi menolak pasien.

"Rumah Sakit rujukan COVID-19 telah memiliki kemampuan yang sama, dan rata-rata tipe C. Artinya harus melayani pasien," jelas Herwan. Untuk menghindari kejadian serupa, lanjut Herwan, Dinkes Provinsi Bengkulu, juga meminta kepada seluruh RS Rujukan COVID-19 di Bengkulu, saling berkordinasi di internal RS.



Koordinasi internal itu, menurut Herwan mulai dari tingkatan pelayanan bawah. Yakni, mulai IGD maupun perawatan rawat inap dan tindakan lainnya. "Seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 kami minta saling berkordinasi di dalam internal rumah sakit, mulai dari tingkatan pelayanan bawah," pungkas Herwan.

Sebelumnya, tiga rumah sakit diduga menolak pasien atas nama Leni, warga Desa Taba Mutung, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah, yang hendak melahirkan namun hasil tes antigen pasien dinyatakan reaktif COVID-19.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2251 seconds (0.1#10.140)