Kisah Syekh Maulana Malik Ibrahim, Memiliki Karomah Turunkan Hujan dan Disegani Raja Majapahit

Sabtu, 15 Januari 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Kekikirannya ingin dia buang jauh-jauh dan menggantinya dengan kedermawanan. Syekh Maulana Malik Ibrahim kembali berdoa, dan dengan izin Allah, beras yang telah berubah menjadi pasir itu menjadi beras kembali.

Karena kekuatan yang berasal dari Allah memungkinkan kejadian itu. Orang kaya tersebut tidak membohongi lisannya. Dia berubah menjadi dermawan, tak pernah lagi dia menolak pengemis yang datang. Bahkan dia mendirikan musala dan majelis pengajian serta tempat ibadah lainnya. Menurut beberapa literatur yang ada, Syekh Maulana Malik Ibrahim sangat ahli dalam pertanian, pengobatan dan tata negara.

Syekh Maulana Malik Ibrahim juga sempat melakukan perjalanan ke ibu kota Majapahit di Trowulan. Meskipun tidak masuk Islam, Raja Majapahit tetap menerima Syekh Maulana Malik Ibrahim dengan baik, bahkan memberikannya sebidang tanah di pinggiran Gresik.

Wilayah itulah yang sekarang dikenal dengan nama Desa Gapura. Cerita rakyat tersebut diduga mengandung unsur-unsur kebenaran, mengingat menurut Groeneveldt pada saat Maulana Malik Ibrahim hidup, di ibu kota Majapahit telah banyak orang asing termasuk dari Asia Barat.

Sumber :
-jamaluddinab.blogspot.
-peutrang.blogspot.
-wikipedia dan diolah berbagai sumber.
(eyt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3112 seconds (0.1#10.140)