Martha Christina Tiahahu, Panglima Perang Perempuan Termuda yang Ditakuti Kompeni Belanda

Jum'at, 14 Januari 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Martha sontak tertegun. Ia merasa tak tega pada ayahnya yang kian menua dan menilai bahwa sosok sang ayah amat penting dalam peperangan melawan penjajahan Belanda. Ia pun menatap Belanda dengan rasa sedih dan berpikir bahwa ia lebih baik mati dari pada sang ayah.

Martha Christina Tiahahu, Panglima Perang Perempuan Termuda yang Ditakuti Kompeni Belanda

Patung Martha Christina Tiahahu di KOta Ambon dibangun untuk mengenang perjuangan pahlawan.Foto/dok Pemprov Maluku

Pahlawan Nasional
Martha Christina Tiahahu secara resmi diakui sebagai pahlawan nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 012/TK/Tahun 1969, tanggal 20 Mei 1969.

Sebagai pahlawan nasional, jasa-jasa perjuangan Martha selalu dikenang hingga sekarang. Banyak tetenger untuk mengenang pahlawan wanita ini. Monumen Martha Tiahahu menjadi bukti sejarah keberanian wanita maluku dalam membela tanah air tercinta. Patung Martha Christina Tiahahu terletak di Karang Panjang, daerah bukit yang terlihat jelas dari Kota Ambon.

Patung Christina ditampilkan membawa tombak. Namun dalam pertempuran melawan Belanda, legenda mengatakan bahwa dia melemparkan batu ke tentara Belanda ketika pasukannya kehabisan amunisi.

Di Jakarta, monumen Martha Christina Tiahahu juga berdiri di kawasan Blok M. Terbaru, di kawasan tersebut dibuat Taman Literasi Martha Christina Tiahahu di Blok M, Jakarta Selatan. Taman ini dicanangkkan pada Kamis (28/10/2021) dan berlokasi di Taman Martha Christina Tiahahu.

Taman literasi ini merupakan wujud dari keseriusan tradisi literasi. Taman literasi ini dicanangkan pada 28 Oktober karena tanggal ini anak-anak muda bangsa menyepakati bahasa persatuan, bahasa Indonesia, dan dari bahasa persatuan. Itulah muncul karya-karya tulis dan literatur yang amat banyak.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap, Taman Literasi Martha Christina Tiahahu ini menjadi penyemangat untuk peningkatan minat baca dan daya baca.

Bahan Tulisan: - Ensiklopedi Pahlawan Nasional
- MARTHA CHRISINA TIAHAHU: Mutiara dari Nusa Laut yang Cinta Tanah Air karya Indah Ratna
- Diolah dari berbagai sumber
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3124 seconds (0.1#10.140)