Keren, Gelang Karya Putra Babel Ini Bisa Deteksi Keberadaan ODP

Kamis, 23 April 2020 - 08:24 WIB
loading...
Keren, Gelang Karya Putra Babel Ini Bisa Deteksi Keberadaan ODP
Petugas mendata para pendatang yang baru saja mendarat di Bandara Depati Amir Pangkalpinang. FOTO/iNews TV/Haryanto
A A A
BANGKA BELITUNG - Inovasi karya anak bangsa ini patut diacungi jempol. Adalah gelang pelacak keberadaan Orang Dalam Pemantauan (ODP) COVID-19.

Gelang yang terhubung dengan aplikasi bernama FIGHT COVID-19 ini mampu mendeteksi keberadaan para ODP dan Orang Tanpa Gejala (OTG) yang berada di Bangka Belitung (Babel).

Cara kerjanya, setiap warga yang memasuki Bangka Belitung masuk dalam kategori ODP dan OTG. Mereka akan didata satu persatu mulai dari nama, alamat atau domisili, hingga nomor telepon. Setelah itu mereka akan diberikan gelang ini.

Setelah memakai gelang, mereka diwajibkan mengunduh aplikasi FIGHT COVID-19. Aplikasi ini diberi kode khusus yang melekat di gelang. Para pemakai gelang ini harus menjalani isolasi selama 14 hari. (Baca juga: Mendagri Meminta Jabar Masukkan Program Pemulihan Ekonomi di RKPD)

Dengan gelang ini, maka pergerakan mereka selama masa isolasi mandiri dapat terpantau. Jika mereka keluar rumah, maka akan muncul tanda merah di monitor pemantau. “Di situ tim gugus tugas tinggal menghubungi yang bersangkutan agar patuh aturan,” tandas Ahmad Alghozi Ramadhan, pencetus aplikasi FIGHT COVID-19.

Menurut dia, aplikasi ini selain untuk memastikan selama proses karantina 14 hari bagi ODP maupun OTG, juga mempermudah petugas melakukan tracking jika ada yang jatuh sakit.

Ketua Sekretariat Gugus Tugas COVID-19 Bangka Belitung Mikron Antariksa mengungkapkan, untuk mencegah penyebaran virus corona, pihaknya telah melakukan tracking, tes, dan treatment.

Hingga Kamis (23/4/2020) pagi, terdapat 9 kasus warga Bangka Belitung terpapar virus corona. Di mana satu orang meninggal dunia, dua sembuh, dan enam dalam perawatan.
(nbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)