Kisah Ki Sura Mendadak Buta usai Bikin Keris Pasopati untuk Sunan Bonang

Jum'at, 10 Desember 2021 - 05:01 WIB
loading...
A A A
Mpu Ramahadi hidup pada zaman Jawa Kanda sekitar tahun 125 Saka. Mpu Ramahadi menciptakan tiga buah keris yaitu dhapur Lar Ngatrap, dhapur Pasopati dan dhapur Cundrik Arum. Dalam jurnal ISI bertajuk ‘Penciptaan Bilah Keris Dhapur Pasopati Tinatah Emas Bunga Melati’ disebutkan, pasopati merupakan penggambaran dari Dwa Siwa yang juga dikenal dengan nama Sang Hyang Pasopati atau Sang Hyang Surapati sebagai salah satu dewa perang, dewa pelindung dan juga dewa bijaksana
Kisah Ki Sura Mendadak Buta usai Bikin Keris Pasopati untuk Sunan Bonang

Para peziarah memadati makam Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur. Foto/Ist

Kesaktian Sunan Bonang
Babad Tanah Jawi tulisan Olthof juga mengisahkan satu bagian tentang Sunan Kalijaga. Pada mulanya, putra Tumenggung Wilatikta bernama Jaka Said atau Raden Said gemar bermain judi. Dia bepergian sampai di Jepara.

Jika kalah judi, dia akan merampok orang-orang yang berjalan di Hutan Jati Sekar, timur laut Lasem. Suatu ketika Sunan Bonang melewati jalan itu. Dia pun dihentikan Jaka Said dan hendak dibegal.

“Besok jika ada orang lewat di sini, berpakaian serba hitam serta bersumping bunga wora-wari (bunga sepatu) merah, begal lah dia,” kata Sunan Bonang. Dia lantas berlalu dari tempat itu.

Jaka Said menunggu tiga hari lebih hingga datanglah sosok yang disebut Sunan Bonang. Berpakain hitam-hitam dengan motif bunga sepatu merah, dihadang lah pria itu.

Sosok itu tak lain Sunan Bonang sendiri. Saat hendak dibegal, dia tiba-tiba menjadi empat. Raden Said sangat ketakutan, lalu bertobat. Raden Said lalu bertapa selama dua tahun atas perintah Sunan Bonang.

Setelah itu dia pergi ke Cirebon. Di tempat itu dia bertapa lagi di tepi sungai. Setelah itu namanya dikenal sebagai Kalijaga. Kelak dia dia dijadikan ipar oleh Sunan Gunung Jati.
(poe)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)