Sultanah Malikah Nahrasiyah, Ratu Samudera Pasai yang Gentarkan Asia Tenggara

Sabtu, 20 November 2021 - 06:51 WIB
loading...
A A A
Dalam nisan tersebut tertulis “Inilah kubur wanita yang bercahaya yang suci, Ratu yang terhormat, Almarhumah yang diampunkan dosanya Nahrasiyah, putri Sultan Zainal Abidin putra Sultan Ahmad putra Sultan Muhammad putra Sultan Malik As-Shaleh. Kepada mereka itu dicurahkan rahmat dan diampunkan dosanya, mangkat dengan rahmat Allah pada hari Senin 17 Dzulhijah 831 H/ 1428”.

Tak ketinggalan, pada nissan Ratu Nahrasiyah juga ditemukan tulisan ayat Kursi, surah Yasin, kalimat Syahadat, penggalan surah Ali Imran ayat 18-19 dan surah Al Baqarah ayat 285-286.

Sementara dalam bukunya, De Grafsteenen Te Pase En Grissee Verge Liken Met Dergelijke Mo Menten Uit Hindoestan, JP Moquette menulis Sultanah Malikah Nahrasiyah meninggal pada 27 September 1428 M.

Dia menyebut Sultanah Malikah Nahrasiyah merupakan Ratu Pasai keturunan Malik As-Shalih. Selain itu sosok perempuan yang mengendalikan Samudera Pasai ini dikenal sebagai Malikah Muazzamah atau ratu yang dipertuan agung.

Sultanah Malikah Nahrasiyah, Ratu Samudera Pasai yang Gentarkan Asia Tenggara

Replika nisan makam Sultanah Malikah Nahrasiyah di Gampong Beuringin, desa Meunasah Kuta Krueng, kecamatan Samudera, Aceh Utara. Foto/museumnasional

Dalam epitaf pada makamnya menyebutkan bahwa Sultanah Malikah Nahrasiyah memiliki gelar Ra-Baghsa Khadiyu yang artinya penguasa yang pemurah.

Makam Sultanah Malikah Nahrasiyah hingga saat ini masih utuh dan tidak mengalami kerusakan. Saat ini kompleks makam ini jadi tempat wisata sejarah dan religi di Aceh.



Keindahan makam Ratu Nahrasiyah juga diungkapkan Prof Dr C Snouck Hourgronje dalam pidato pengukuhan guru besar di Rijksuniversiteit Lainden pada 23 Januari 1907. Snouck Hourgronje mengaku kagum melihat sebuah makam peninggalan Kerajaan Samudra Pasai.

Hal itu dia tulis dalam buku Arabie en Oost-Indie yang menyebut makam Sultanah Malikah Nahrasiyah yang terbuat dari pualam itu sebagai makam terindah di Asia Tenggara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)