Launching Buku Plan Bobcat, KSAU Ingin TNI AU Disegani di Kawasan

Senin, 25 Oktober 2021 - 15:23 WIB
loading...
Launching Buku Plan Bobcat, KSAU Ingin TNI AU Disegani di Kawasan
KSAU Marsekal TNI Fadjar Presetyo saat melaunching buku Plan Bobcat, Transformasi Menuju Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan, di Seskoau Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Senin (25/10/2021). Foto/MPI/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Presetyo melaunching buku "Plan Bobcat, Transformasi Menuju Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan", Senin (25/10/2021).

Launching buku yang digelar di Grha Widya Dirgantara, Seskoau, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat ini juga disaksikan sejumlah peserta secara virtual. Serta ada review langsung dari penanggap yakni, Marsda TNI Samsul Rizal, Andi Widjajanto, Kusnanto Anggoro, dan Curie Maharani Savitri.

Baca juga: Ridwan Kamil : Pemotor Naik Trotoar Banyak Gaya Tapi Miskin Akal dan Nalar

KSAU Marsekal TNI Fadjar Presetyo menyebutkan, buku Plan Bobcat diambil dari call sign saat berdinas di skuadron 11. Isinya berupa ide, gagasan, dan pengalaman pribadi yang selama ini dialami, dengan harapan menjadi masukan pengembangan kemajuan TNI AU ke depan.

Dirinya mengakui masih banyak kekurangan dan koreksi sehingga diharapkan ada masukan dari junior-juniornya untuk perbaikan nantinya. Tujuannya agar air power Indonesia menjadi kekuatan negara yang disegani, tentunya dengan dukungan anggaran dari pemerintah.

"Melalui buku ini saya ingin air power Indonesia dibangun menjadi kekuatan negara yang selaras dengan kekuatan anggaran yang dimiliki pemerintah, agar rencana yang telah disusun bisa direalisasikan," ucapnya.

Baca juga: 7.909 WNA Dari 123 Negara Ada di Jatim, Tiongkok Mendominasi

Dijelaskannya, pada proses pembuatan buku ini juga dikomparasikan dengan angkatan udara Amerika, Inggris, dan Australia yang memiliki kesamaan empat konsep. Yakni pengendalian udara, penyerangan, pengintaian, dan mobilitas udara. Sehingga kesiapan rancangan operasi organisasi bisa dibuat secara adaptif, efektif, dan efesien.

"Buku ini mencoba menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Makanya masukan dan kritikan sangat diperlukan demi perbaikan ke depan dalam menghadapi tantangan yang semakin kompleks," tandasnya.

Salah seorang penanggap, Marsda TNI Samsul Rizal menilai, buku ini menjadi guiden bagi para pembantu KSAU di Mabes AU dalam merumuskan pembangunan ke depan. Penulis juga merinci tiga teoritis kelompok air power secara taktikal, operasional, dan strategi. Termasuk bagaimana menyusun anggaran dalam membangun alutsista kekuatan TNI AU melalui komitmen pemerintah.

"Buku Plan Bobcat didasari tiga pilar, yakni organisasi, teknologi, dan kesiapan operasi. Bagaimana menjalin hubungan baik dengan negara yang memiliki kesamaan visi agar dapat transfer teknologi supaya TNI AU dapat unggul di kawasan," tuturnya
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)