7.909 WNA Dari 123 Negara Ada di Jatim, Tiongkok Mendominasi

Senin, 25 Oktober 2021 - 04:13 WIB
7.909 WNA Dari 123 Negara Ada di Jatim, Tiongkok Mendominasi
Jatim menjadi salah satu destinasi bagi Warga Negara Asing (WNA). Hingga September 2021, tercatat 7.909 WNA ada di Jatim. Foto/Ilustrasi
A A A
SURABAYA - Di tengah Pandemi COVID-19, ternyata Jatim masih diminati oleh Warga Negara Asing (WNA), untuk berkunjung dan tinggal. Bahkan, hingga September 2021, tercatat ada sebanyak 7.909 WNA di Jatim. Paling banyak berasal dari Tiongkok.

Baca juga: Cewek Amerika Pembunuh Ibu Kandung Bebas dari Lapas Kerobokan Bali Akhir Oktober

Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono mengatakan, WNA di Jatim berasal dari 123 negara berbeda. Yang terbanyak berasal dari Tiongkok sebanyak 1.409 orang, Malaysia 831 orang, dan Korea Selatan 534 orang. "Keberadaannya paling banyak di daerah Malang, dan Surabaya," ujar Krismono, Minggu (24/10/2021).





Krismono menjelaskan, bahwa mereka datang dengan berbagai jenis izin. Ada yang menggunakan izin tinggal kunjungan (ITK), izin tinggal terbatas (ITAS) maupun izin tinggal tetap (ITAP).

Baca juga: Usai Ceramah Maulid Nabi Habib Sehan Dihadang Geng Motor, Pengawalnya Hendak Dibacok

Malang, lanjut Krismono, dipilih karena selama ini menjadi rujukan bagi pelajar asing. Sedangkan Surabaya banyak dikunjungi oleh pebisnis asing. "Untuk daerah Ponorogo, dan Kediri, kebanyakan adalah santri internasional yang banyak menimba ilmu di Ponpes Gontor maupun Al Fatah Temboro," urai Krismono.

Dari segi pengawasan, Krismono menjelaskan bahwa jajarannya telah miliki 706 tim pengawas orang asing (TimPORA). Dari tingkat provinsi hingga kecamatan. Tim tersebut terdiri dari petugas lintas sektoral seperti pemda, polisi, tentara hingga BIN.

Sehingga, selain operasi mandiri, petugas imigrasi juga aktif melakukan operasi gabungan. Hasilnya, ada 51 tindakan hukum keimigrasian yang dilayangkan kepada orang asing. "Dari jumlah itu, 33 orang asing telah dideportasi dan satu orang asing dilakukan tindakan projusticia," tuturnya.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1978 seconds (11.97#12.26)