Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Cerita Pagi

Kesaktian Sultan Agung, Mampu Kendalikan Makhluk Gaib Jadi Abdi Dalem

loading...
Kesaktian Sultan Agung, Mampu Kendalikan Makhluk Gaib Jadi Abdi Dalem
Raja Mataram, Sultan Agung memiliki kesaktian tinggi hingga mampu mengendalikan makhluk gaib menjadi abdi dalem setia. Foto/Ist
Sultan Agung merupakan raja ketiga Kerajaan Mataram yang memiliki kesaktian tinggi hingga mampu mengendalikan makhluk gaib menjadi abdi dalem setia. Kesaktian, kepintaran dan wibawa Sultan Agung sangat ditakuti penjajah Belanda.

Memerintah pada 1613-1645, raja yang memiliki nama lengkap Sultan Agung Hanyokrokusumo ini mampu menjadikan Mataram kerajaan terbesar dan berpengaruh di Jawa dan Nusantara pada kurun waktu itu.

Baca juga: Kisah Makam Giriloyo, Makam Ghaib Sultan Agung

Tercatat dalam sejarah, Sultan Agung dengan gagah berani menyerang penjajah Belanda (VOC) yang menguasai Batavia (Jakarta) sebanyak dua kali, yakni pada 1928 dan 1929.



Kesaktian Sultan Agung, Mampu Kendalikan Makhluk Gaib Jadi Abdi Dalem

Sultan Agung memerintah Kerajaan Mataram pada 1613-1645. Foto/kebudayaan.jogjakota.go.id

Sultan Agung yang lahir di Kotagede, Jogja pada 14 November 1593 silam juga mempunyai kisah mistis yang menarik. Sebelum menjadi raja, Sultan Agung memiliki nama Raden Mas Jatmika, dan terkenal pula dengan sebutan Raden Mas Rangsang.

Baca juga: Aura Magis dan Rahasia Kecantikan Ken Dedes Pemikat Para Raja

Sosok yang menggetarkan Tanah Jawa itu merupakan putra dari pasangan Prabu Hanyokrowati dan Ratu Mas Adi Dyah Banowati (putri dari Prabu Wijaya). Sultan Agung naik takhta pada tahun 1613 dalam usia 20 tahun.

Dengan pengaruh dan kesaktiannya, Sultan Agung berusaha mengembangkan Islam di Pulau Jawa dan daerah yang ditaklukkannya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top