Kesaktian Sultan Agung, Mampu Kendalikan Makhluk Gaib Jadi Abdi Dalem

Sabtu, 18 September 2021 - 06:55 WIB
loading...
A A A
Tempat tinggal abdi dalem istimewa Sultan Agung ini berada di tengah hutan belantara, tepatnya di kawasan Tunjungbang, wilayah Kasultanan Mataram.

Juru Taman itu dulu adalah abdi dalem Kanjeng Panembahan Senopati, kakek Sultan Agung.
Dikisahkan bahwa Panembahan Senopati saat itu mendapat telur Lungsung Jagat dari Kanjeng Ratu Kidul atau Nyi Roro Kidul untuk dimakan.

Kesaktian Sultan Agung, Mampu Kendalikan Makhluk Gaib Jadi Abdi Dalem

Sultan Agung naik takhta Kerajaan Mataram pada tahun 1613 dalam usia 20 tahun. Foto/Ist

Telur Lungsung Jagat itu berkhasiat membuat tubuh kuat dan panjang umur. Namun, Panembahan Senopati tidak langsung memakan telur pemberian Ratu Kidul.

Penguasa pertama Kasultanan Mataram ini justru membawa telur itu pulang istana. Sesampainya di kediamannya telur itu diberikan kepada Ki Juru Taman, abdi dalem yang sangat setia dan saat itu dalam keadaan sakit keras.

Panembahan Senopati menyuruh Ki Juru Taman memakannya agar sembuh dari penyakitnya. Begitu memakan telur Lungsung Jagat, Ki Juru Taman langsung sembuh dari penyakit yang diderita.

Namun ada yang aneh, karena Ki Juru Taman berubah menjadi raksasa dan memiliki kesaktian yang hebat dan berumur panjang. Selanjutnya dia berubah menjadi makhluk gaib abdi abdi dalem Sultan Agung yang sangat sakti, setia dan diandalkan.

Ketika terjadi peperangan di Pajang, Juru Taman berhasil membunuh Sultan Pajang. Itulah sebabnya Kanjeng Panembahan Senopati sangat senang kepadanya. Lalu Ki Juru Taman diwasiatkan untuk membantu cucunya, Sultan Agung.

Karena kesaktiannya itu, Juru Taman selalu mendapat kepercayaan dari Sultan Agung untuk melaksanakan tugas penting.

Suatu ketika, Sultan Agung bermaksud akan pergi ke Banten, kerajaan yang belum ditaklukannya. Dia ingin melihat dari dekat wilayah bakal medan perangnya ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 2.4942 seconds (0.1#10.140)