Wujudkan Visi Jabar, Ridwan Kamil: Kepala Daerah Harus Melek Digital

Selasa, 27 Juli 2021 - 23:02 WIB
loading...
Wujudkan Visi Jabar, Ridwan Kamil: Kepala Daerah Harus Melek Digital
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil dalam Rakorwil TP2DD dan TPID se-Jabar Tahun 2021 yang digelar secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (27/7/2021). Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendorong seluruh bupati dan wali kota di Jabar untuk meningkatkan kemampuan dalam mengelola teknologi digital untuk mempercepat implementasi ekonomi digital yang merata, baik di perkotaan maupun perdesaan.

Dorongan tersebut disampaikan Ridwan Kamil dalam Rapat Koordinator Wilayah (Rakorwil) Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Jabar Tahun 2021 secara virtual di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (27/7/2021).



"Saya titip leadership digital menjadi penting. Jadi, kepala daerah itu harus melek digital. Jangan hanya anak buahnya, tapi kita semua, dari bupati, wali kota, sampai gubernur, harus sangat aktif," kata Kang Emil, sapaan akrabnya.

Kang Emil menuturkan, pandemi COVID-19 memaksa semua pihak, mulai dari pemerintah, perbankan, sampai masyarakat, beradaptasi dengan teknologi digital. Pemprov Jabar pun terus berupaya mewujudkan visi menjadi Provinsi Digital Terdepan di Indonesia, bahkan level Asia.

Dalam pemulihan ekonomi, kata Kang Emil, percepatan digitalisasi ekonomi untuk industri besar, menengah dan kecil, termasuk UMKM, dilakukan. Hal itu dikarenakan percepatan digitalisasi ekonomi harus bersifat inklusif. "Percepatan digitalisasi ekonomi juga harus menyasar di desa-desa, agar akses digital mereka bisa dapatkan karena jauh dari kemudahan," katanya.

Baca juga: Siap Dikritik, Ridwan Kamil Ajak Mahasiswa Kolaborasi Atasi Pandemi


Menurut Kang Emil, untuk mewujudkan visi Jabar Provinsi Digital, pihaknya sudah memiliki cetak biru. Salah satu inovasi yang digagas Pemprov Jabar dan sudah diakui di level Asia Pasifik adalah Desa Digital.

"Provinsi Jabar itu sudah mempunyai cetak biru, yaitu Jabar Digital Province. Salah satunya Desa Digital yang berhasil meraih berbagai penghargaan dalam transformasi digital," imbuh Kang Emil.

"Saya titip juga agar kabupaten/kota segera memiliki cetak biru. Dengan tujuan utama menyasar masyarakat umum dan juga menciptakan fintech yang bermanfaat. Sifatnya implementatif," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jabar, Herawanto mengatakan, rakorwil tersebut merupakan salah satu upaya berkelanjutan untuk mendukung pemulihan ekonomi Jabar, khususnya dalam hal percepatan digitalisasi ekonomi guna peningkatan daya saing dan pemberdayaan ekonomi, termasuk pengendalian inflasi bagi kesejahteraan masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1928 seconds (0.1#10.140)