Desakan Sekolah Tatap Muka di Rembang Makin Kuat, Orangtua Disebut Banyak Stres

Minggu, 21 Maret 2021 - 19:47 WIB
loading...
A A A
Lalu bagaimana pendapat Kepala Sekolah ? Kepala Sekolah SMP N I Lasem, Estu Dwi Winarni membeberkan, pihaknya sudah mengadakan survei keinginan orang tua, pada masa pandemi ini. Dari total 870 orang tua murid, 79 % diantaranya menghendaki pembelajaran tatap muka.

Alasannya beragam, tapi yang paling mendominasi karena pembelajaran online tidak efektif dan kesulitan orang tua mendampingi anak belajar. “Kami nggak berani bertindak sendiri, karena masih dalam naungan Dinas Pendidikan. Info yang kami terima, akan ada uji coba sekolah tatap muka di 12 kecamatan, selain Rembang dan Lasem. Mungkin pertimbangan zona Covidnya. Padahal sebenarnya kami sudah siap tatap muka, “ papar Estu.



Sementara itu, Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Rembang, Jumanto berharap, melalui forum yang difasilitasi oleh anggota DPR, Moch Arwani Thomafi ini akan muncul kesepakatan, menyangkut teknis pembelajaran tatap muka.

Selanjutnya akan diteruskan kepada Bupati dan Wakil Bupati Rembang, untuk bahan mengambil kebijakan. Mengingat, pendidikan TK - SD – SMP menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten. Dia mengusulkan pembelajaran tatap muka untuk jenjang TK – SD didahulukan.

“Kalau SMP – SMA, mungkin siswa masih bisa mengikuti pembelajaran jarak jauh. Tapi TK sama SD yang kelas rendah, saya kira agak susah menjalankan. Hal itu yang melatarbelakangi, kenapa mereka layak diutamakan, “ papar Jumanto.

PGRI mendorong Pemkab yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka secara bertahap, bisa mempercepat prosesnya. Diharapkan momentum tahun ajaran baru bulan Juli nanti, semua sekolah sudah menerapkan pembelajaran tatap muka.
(nic)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2208 seconds (0.1#10.140)