Sekolah Perlu Infrastruktur Digital untuk Capai Pendidikan Berkualitas

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 21:53 WIB
loading...
Sekolah Perlu Infrastruktur Digital untuk Capai Pendidikan Berkualitas
Infrastruktur digital yang sudah ada sejak pandemi Covid-19 seperti fasilitas Wifi didukung dana pendidikan platform digital perlu dimanfaatkan maksimal sekolah. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
SEMARANG - Infrastruktur digital yang sudah ada sejak pandemi Covid-19 seperti fasilitas Wifi yang didukung dana pendidikan platform digital yang disediakan oleh pemerintah perlu dimanfaatkan maksimal oleh sekolah.



Pentingnya penggunaan media digital dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran di sekolah ini mencuat dalam diskusi publik daring: Peningkatan Sebaran Pendidikan Berkualitas: Merumuskan Konsensus Pemerintah, Sekolah dan Guru di Jateng.

Dalam diskusi ini hadir Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Uswatun Hasanah, Sekretaris Dinas Pendidikan Siak Fakhrurrozi, dan guru SD Muhammadiyah 019 Bangkinang Kampar Riau Nenny Litania, serta Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Jateng Nugraheni Triastuti.

Selain itu muncul pula kesepakatan untuk meningkatkan pembiasaan penggunaan instrumen digital dalam mendukung pembelajaran berkualitas. Dalam diskusi tersebut juga dibahas bagaimana cara menunjang guru dan murid dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi.

Di Jawa Tengah sudah ada sejumlah inovasi peningkatan literasi dan numerasi melalui cara berbagi yang menyenangkan seperti menciptakan permainan, observasi lingkungan sekitar serta menuangkan ide yang muncul dari suatu bacaan dalam bentuk karya seni.


"Apa yang sudah dikembangkan di sejumlah sekolah di beberapa kabupaten di Jateng sepatutnya ditunjang oleh pemerintah agar tersebar ke seluruh daerah," katan Pakar Kebijakan Publik sekaligus Direktur Eksekutif Synergy Policies, Dinna Prapto Raharja saat memandu jalannya diskusi, dikutip Jumat (28/10/2022).

Para peserta diskusi menyepakati agar data Program Rapor Pendidikan sebagai instrumen pemantauan capaian pendidikan berkualitas dapat diakses dengan mudah oleh para guru dan kepala sekolah.

“Data dari rapor pendidikan akan menjadi dasar mengidentifikasi akar masalah Pendidikan berkualitas di Jateng dan merumuskan kebijakan yang dapat mengatasi masalah tersebut’," kata NugraheniTriastuti, Kepala BBPMP Jateng.

Sedangkan Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Margaretha Ari Widowati menyampaikan apresiasi atas dukungan pemerintah bagi Program Pintar.

“Kami juga menghargai berbagai ide dan inovasi yang telah dibangun untuk meningkatkan pendidikan berkualitas oleh guru, kepala sekolah dan aparat pemerintah daerah di Provinsi Jawa Tengah,” ujarnya.

Seluruh kesepakatan ini akan disampaikan kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim dalam rangka Hari Guru 2022.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2271 seconds (0.1#10.140)