Mereka Masih Bisa Menyalurkan BLT DD di Tengah Tumpukan Aturan

Selasa, 19 Mei 2020 - 19:02 WIB
loading...
A A A
Pendamping desa pemberdayaan Kecamatan Singosari, Arif Iskandar Fatoni mengaku, apabila membaca banyak aturan dalam penyaluran BLT DD ini memang sangat rumit. Namun, hal itu harus dilalui dan dipahami secara matang.

"Kami pendamping desa yang bertugas di kecamatan, dengan pendamping lokal desa yang bertugas langsung di desa, melakukan komunikasi intensif untuk menyamakan persepsi tentang penerjemahan aturan-aturan tersebut," tuturnya.

Mereka Masih Bisa Menyalurkan BLT DD di Tengah Tumpukan Aturan


Dia menegaskan, pendamping desa maupun pendamping lokal desa merupakan instrumen dari Kemendesa PDTT, sehingga harus melaksanakan aturan sesuai yang dikeluarkan Kemendesa PDTT. Dalam penyaluran BLT DD ini, pastinya panduan utamanya adalam Permendesa PDTT No. 6/2020.

Setelah persepsi antara pendamping desa dan pendamping lokal desa bisa sepaham tentang penerjemahan Permendesa PDTT No. 6/2020, tahap selanjutnya adalah melakukan komunikasi di tingkat kecamatan dan desa, untuk memberikan pemahaman tentang penerjemahan aturan tersebut dalam pelaksanaan teknisnya.

"Proses penyatuan persepsi ini, juga melalui proses konsultasi ke tenaga ahli di tingkat Kabupaten Malang, serta tokoh masyarakat seperti pegiat Sinau Desa, bapak Iman Suwongso. Sehingga proses pemahamannya bisa dimatangkan," terangnya.

Proses komunikasi dengan kecamatan dilakukan oleh pendamping desa, sementara di desa dilakukan oleh pendamping lokal desa. Hal ini dilakukan sambil menunggu surat edaran bupati turun, serta memberikan pengertian serta membuat rencana tentang kemungkinan-kemungkinan mata anggaran yang bisa dialihkan alokasinya.

Dibutuhkan waktu sekitar tiga minggu untuk menyamakan persepsi, hingga pendampingan secara teknis dalam musyawarah desa khusus, pengurusan rekening untuk KPM, sampai penyalurannya kepada KPM.

Berkat komunikasi dan pemahaman yang baik tersebut, kerjasama antar semua lini dalam penyaluran BLT DD bisa berjalan lancar. Sebanyak 14 desa di Kecamatan Singosari, mampu menyalurkan BLT DD dengan mekanisme transfer ke rekening bank milik KPM.

"Target kami BLT DD tahap satu sudah tersalurkan sebelum Lebaran. Dan itu bisa kami realisasikan. Penyaluran BLT DD tahap satu kami mulai laksanakan pada Jumat (15/5/2020) untuk Desa Dengkol, dan Desa Ardimulyo," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0950 seconds (0.1#10.140)